Berita Kota

Puluhan Warga Binaan Ikut Ujian Paket

warga binaan lapas bontang ikuti ujian paket kesetaraan (foto:sary)
warga binaan lapas bontang ikuti ujian paket kesetaraan (foto:sary)

Bontang. Puluhan warga binaan Lapas kelas 3 Bontang mengikuti ujian paket A, B hingga C pada 8 April hingga 1 Mei 2019 mendatang.

Ujian paket yang digelar di Lapas kelas 3 Bontang dengan pengawasan ketat dari tim pelaksana ini, akan dilaksanakan dalam dua kategori yakni Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Sub seksi pembinaan Lapas kelas 3 Bontang, Agus Salim mengatakan, untuk ujian paket C bagi warga binaan dijadwalkan akan berlangsung pada 8 hingga 11 April. Lalu, untuk ujian paket B akan digelar selama 3 hari yakni pada 22 April – 23 April dan 9 Mei. Sedangkan untuk ujian paket A akan berlangsung pada 29 April hingga 01 Mei 2019.

“Ujian paket yang digelar pada 8 April hingga 1 Mei untuk seluruh paket kesetaraan,” ujar Agus Salim.

Sementara itu, kepala Lapas kelas 3 Bontang, Heru Yuswanto menjelaskan selain warga binaan yang akan mengikuti ujian paket, sebelumnya terdapat 1 orang warga binaan yang telah mengikuti ujian nasional berbasis komputer yang digelar di salah satu sekolah SMK swasta di Kota Bontang pada 25 hingga 28 Maret lalu. Menurut Heru, 1 warga binaan tersebut tercatat masih aktif sebagai siswa sehingga pihaknya memberikan izin untuk mengikuti ujian langsung di sekolah asalnya.

“Ada juga warga binaan yang telah mengikuti ujian paket kesetaraan SMK di sekolahnya. Toleransi ini diberikan sebagai upaya untuk memenuhi hak pendidikan warga binaan,” kata Heru Yuswanto.

Program kejar paket untuk mendapatkan ijazah, baik ijazah SD dengan mengikuti ujian paket A, ijazah SMP dengan ujian paket B dan ijazah SMA dengan ujian paket C, rutin digelar di Lapas kelas 3 Bontang setiap tahunnya dengan jumlah peserta yang terus mengalami peningkatan. (*)

Laporan: Sary

 

Click to comment
To Top