Berita Kota

Menikmati Manisnya Ubi Madu Asal Desa Cilembu

tekstur empuk dan rasa yang manis dari ubi cilembu yang biasanya juga dikenal dengan ubi madu sangat menggoda selera untuk memakannya (foto: aris/pktv)

Bontang. Ubi jalar dengan nama lain ketela rambat ini merupakan salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh. Di Indonesia ada beberapa varietas ubi jalar, salah satunya adalah  ubi cilembu, ubi dengan bentuk yang lebih besar dari ubi kebanyakan. Ubi cilembu hanya bisa tumbuh di Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat, memiliki varian rasa madu yang sangat manis dan lembut  jika dinikmati.

Ubi cilembu juga termasuk produk tanaman andalan indonesia, yang mampu menembus pasar internasional, yaitu jepang. Salah satu keunggulan dari ubi cilembu adalah walaupun rasanya begitu manis, tetapi tidak masalah bagi pengidap penyakit diabetes mengkonsumsinya.

Ubi cilembu ini cocok di konsumsi, bagi yang ingin melakukan diet atau puasa juga, dikarenakan seratnya yang baik, sehingga tidak mudah merasakan lapar.  bagi pengidap maag, ubi cilembu ini bisa dikonsumsi bersama dengan kulit luarnya.

Sebelum di olah, ubi cilembu harus disimpan selama 7 hari, sampai dirasa tidak kaku saat dipegang. Ketika akan menikmati ubi cilembu, cara yang paling pas adalah dengan di oven selama 2 jam, karena dengan cara pengolahan lain, rasa yang di dapat kurang begitu menggugah selera penikmat, dan hanya dengan proses oven rasa madu itu keluar.

Nurul, penjual ubi cilembu di Jalan Jendral Ahmad Yani, Gunung Sari, Bontang, menuturkan bahwa dirinya bersama suami sudah berjualan selama 4 tahun.

Nurul menjelaskan, untuk harga yang ditawarkan tergantung dari penyajian penjual, jika sudah di oven tentunya haraga yang ditawarkan lebih mahal. Harga untuk ubi yang matang sekitar Rp.40.000 dan Rp.30.000 untuk ubi yang belum di oven.

“Biasanya sehari bisa laku sebanyak 50Kg ubi cilembu. saya memasok ubi cilembu dari Desa Cilembu per 2 minggu sekali, kebanyakan orang membeli per kilo, kecuali yang baru akan mencoba, hanya bijian,” jelasnya.

Biasanya Nurul sekali memasok ubi dari Desa Cilembu  lansgung mengambil 1 ton. Dia menjual ubi cilembu dengan kemasan yang menarik berupa besek yang terbuat dari anyaman, tentunya dapat membantu program Kota Bontang, yaitu mengurangi sampah plastik di Kota Bontang saat ini.

Laporan: Hesti | Aris

 

Click to comment
To Top