Berita Kota

Mendadak Ujian Nasional Dihapus, Membuat Pihak Sekolah kewalahan

Kabid Dikdas Disdikbud Bontang Saparuddin saat memberikan keterangannya (foto: aris/pktv)

Bontang. Ujian nasional (UN) yang dijadwalkan bakal digelar akhir Maret 2020 mendatang mendadak bakal diganti dengan ujian sekolah, hal itu menyusul di keluarkannya surat edaran dari Mendikbud RI Nomor 1 tahun 2020, yang ditujukan kepada Gubernur di seluruh Indonesia dan Bupati atau Walikota di seluruh Indonesia. dimana didalam surat edaran tersebut dipertegas bahwa tahun 2020 ini UN benar-benar dihapus, dan yang digelar hanya ujian sekolah.

Menanggapi hal tersebut Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Bontang Saparuddin, mengatakan, surat edaran yang dikeluarkan oleh Mendikbud itu dirasa merepotkan beberapa daerah seperti halnya di kota bontang ini. Sebab ujian nasional yang dijadwalkan bakal digelar akhir Maret 2020 mendatang tiba-tiba ditiadakan total, dan langsung diganti dengan ujian sekolah.

“Padahal jauh-jauh hari Disdikbud bersama pihak sekolah telah menyusun jadwal pelaksanaan UN pada April 2020 mendatang, oleh sebab itu seluruh jadwal harus kembali disusun ulang. hal ini lah yang membuat Disdikbud dan pihak sekolah jadi kalang kabut,” ungkapnya.

Adapun yang dirasa merepotkan pihak sekolah ada pada persoalan pembuatan soal ujian sekolah, dimana pihak sekolah dalam waktu tak sampai sebulan harus mengebut menyusun materi untuk kemudian dirumuskan menjadi soal ujian sekolah.

“Selain itu yang perlu diketahui ialah, bahwa dalam menyusun dan membuat soal itu tidak asal-asalan dalam membuat, Perlu beberapa kali tes dan pembuatannya pun melibatkan tim penyusun soal, sementara waktu yang tersisa hanya tinggal sebulan lagi,”

Ditambahkan Saparuddin, untuk menindaklanjuti persolan tersebut, Disdikbud Bontang melalui Bidang Pendidikan Dasar telah menggelar Sosialisasi UN 2020 dirangkai dengan Sosialisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan menghadirkan seluruh kepala sekolah negeri dan swasta yang digelar pada Rabu (19/2/2020).

Laporan: Aris

Click to comment
To Top