Berita Kota

Koprasi Karyawan Pupuk Kaltim Raih Milyaran SHU di 2018

Suasana RAT ke-34 Kopkar pupuk kaltim di Gedung Wijayakusuma Kantor Pusat Pupuk Kaltim (foto: mansyur/pktv)

Bontang. Koperasi Karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (Kopkar Pupuk kaltim) pada Kamis (23/5/2019) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-34, bertempat di Gedung Wijayakusuma Kantor Pusat Pupuk Kaltim. Salah satu agenda pada RAT tersebut adalah mendengarkan laporan pengurus dan pengawas. Dan dari laporan yang disampaikan pada RAT tersebut diketahui bahwa pada tahun 2018 Kopkar Pupuk Kaltim berhasil mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar hampir lima Milyar Rupiah.

Ada tiga agenda penting yang dilaksanakan pada RAT tersebut, yakni mengesahkan laporan pertangung jawaban pengurus dna pengawas, merumuskan dan mengesahkan rencana kerja serta rencana anggaran belanja dan pendapatan tahun 2019, dan pembagian sisa SHU 2018.

Berdasarkan laporan pengurus yang disampaikan Wakil Ketua I Kopkar Pupuk Kaltim Partono, pada tahun 2018 laba atau sisa hasil usaha bersih setelah pajak yang dihasilkan oleh Kopkar Pupuk Kaltim sebesar Rp.4.998.168.182. Hasil tersebut didapatkan dari sejumlah lini usaha yang dimiliko Kopkar Pupuk kaltim seperti Swalayan KoKa Mart, KoKa Graha ATK, SPBU, Unit Supplier, Simpan Pinjam, Pendapatan Luar Usaha, hingga Pendapatan Penyertaan Modal pada sejumlah perusahaan.

“Dari dari total SHU bersih tersebut, pembagianya disepakati yaitu untuk cadangan modal sebesar 25%, di bagi keanggota  61%, jasa pengurus 5%, dana pendidikan 4%, dana sosial 2,5%, serta dana pembangunan daerah kerja 2,5%,” jelasnya.

Ketua Umum Kopkar Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo yang juga merupakan Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kopkar Pupuk Kaltim pada tahun ini mendapatkan pencapaian yang cukub baik.

“Capaian ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pengurus dan pengawas, serta dukungan dari seluruh anggota,” ungkapnya.

Sementara itu General Manager Umum Pupuk Kaltim Nursahid, selaku perwakilan direksi dan juga sebagai penasehat kopkar Pupuk Kaltim pada sambutannya membuka rapat menyampaikan, dengan RAT tersebut diharapkan pengurus dan anggota dapat terus menerus berusaha mencari langkah-langkah ke depannya.

“Dengan strategi dan langkah-langkah tersbut diharapkan ke depannya kopkar Pupuk Kaltim akan dapat terus mengembangkan usahanya, sehingga kesejahteraan anggotanya dapat makin meningkat,” harapnya.

Asdar Ibrahim, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan  Kota Bontang yang juga hadir dalam RAT tersebut,  menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap koperasi karyawan Pupuk Kaltim. Selain karena mampu menjadi pilar ekonomi ditengah permasalahan yang dihadapi negara saat ini.

“Keberadaan Kopkar Pupuk Kaltim telah membawa nama baik kota Bontang hingga di tingkat nasional, hal ini dibuktikan oleh Kopkar Pupuk Kaltim dengan mencatatkan diri menjadi salah satu dari 100 koperasi terbaik yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

dalam RAT ke-34 tersebut turut  dibagikan  puluhan door prize dengan hadiah utama berupa dua paket umroh. Untuk informasi, saat ini anggota kopkar Pupuk Kaltim mencapai 2.978 orang.

Laporan: Mansyur

Click to comment
To Top