Pendidikan

Kelompok Bina Tani DKP3 Bontang Beri Edukasi Siswa SD YPK

Kelompok Bina Tani saat dikunjungi SD YPK (Foto: Aris)

Bontang. Kelompok Bina Tani, binaan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKPPP) Bontang mendapat kunjungan siswa Sekolah Dasar (SD) Yayasan Pupuk Kaltim. Selasa (30/1) pagi.

Kunjungan tersebut salah satu bentuk edukasi terhadap siswa, guna mengenalkan potensi peternakan dan pemahaman dasar pemeliharaan ternak sapi dengan benar. Sebanyak 22 siswa SD YPK tampak bersemangat dan antusias melemparkan pertanyaa terkait potensi peternakan sapi, yang dikelola Kelompok Bina Tani tersebut.

Selain itu, para siswa juga diajak langsung mendatangi peternakan dan bersentuhan dengan hewan ternak. Dan dikenalkan tata cara pemberian makan sapi, memeras susu yang higienis, serta memandikan sapi yang baik dan benar.

“Kelompok Bina Tani ini sudah sering dikunjungi sebagai edukasi pembelajaran, dari beberapa sekolah yang ada di Bontang. Bahkan sejumlah perguruan tinggi di luar Bontang, serta beberapa instansi lainnya,” kata Devi, fasilitator dan pendamping DKPPP Bontang.

Sementara guru SD YPK Muji, mengatakan kunjungan ini sebagai sebuah pembelajaran dan pengalaman baru, juga bentuk implementasi pelajaran di kelas yang dituangkan dalam bentuk tugas sekolah.

“Jadi dengan metode seperti ini, anak didik juga diajarkan dengan melihat langsung kondisi di lapangan,” ujarnya. (*)

 

Laporan: Aris

  • 19
    Shares
Click to comment
To Top