Berita Kota

Inovasi Poskel dan Kopral Siaga Antarkan Berebas Tengah Raih Juara 1

salah seorang warga berbas tengah memeriksakan kesehatannya di poskel kelurahan berebas tengah (foto: aris/pktv)

Bontang. Inovasi Poskel dan Konseling Pranikah Siap Antar Jaga (Kopral Siaga) menjadi inovasi penyumbang poin tertinggi menghantarkan Kelurahan Berebas Tengah meraih Juara satu dalam Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bontang Tahun 2019.

Juara satu di ajang Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bontang Tahun 2019, tidak serta merta didapatkan Kelurahan Berebas Tengah begitu saja, tetapi ada beberapa tahapan penilaian yang dilakukan dewan juri yang harus mereka lalui. Terdapat berbagai penilaian lomba terkait inovasi dan keriteria yang harus mereka penuhi, di mana penilaian di bagi menjadi tiga tahap. Pertama yakni seleksi administrasi, kedua tahap penilaian lapangan, ketiga penilaian pemaparan, dan setelah ketiga tahapan tersebut dilalui, terakhir baru dilakukan pleno penetapan untuk juaranya.

Lurah Berebas Tengah Mahfudz, mengatakan dalam Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bontang Tahun 2019 ini pun terdapat 17 indikator penilaian yang ditetapkan dewan juri, beberapa diantaranya adalah terkait administrasi dan kecakapan kelurahan dalam pelayanan publik maupun inovasi apa saja yang dimiliki kelurahan itu sendiri. Seperti menyangkut pendidikan serta partisipasi warga dalam kegiatan kemasyarakatan, dan seberapa aktif organisasi di kelurahan, semisal PKK dan Karang Taruna dalam menjalankan programnya.

“Inovasi Poskel dan Kopral Siaga atau Konseling Pranikah Siap Antar Jaga ini telah didirikan sejak tahun 2015 silam. Didirikannya inovasi poskel dan kopral siaga ini berangkat dari berbagai permasalahan masyarakat yang ada di wilayah Berebas Tengah, seperti kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kesehatan dan maraknya masalah pernikahan dini,” jelasnya.

Olehnya kedua inovasi tersebut dinilai sangat inovatif sebab poskel ini hanya ada dikelurahan berebas tengah saja guna melayani pemeriksaan kesehatan dasar masyarakat, sedangkan kopral siaga atau konseling pranikah dimaksudkan untuk menurunkan tingkat pernikahan dini yang cukup marak di Berebas Tengah, seperti menangani konseling untuk calon pengantin.

Laporan: Aris

Click to comment
To Top