Berita Kota

Apresiasi Kepada Wajib Pajak, Bapenda Bontang Gelar Undian Gebyar Bayar Pajak

wali kota bontang neni moerniaeni pada saat menyerhakan piagam penghargaan kepada para wajib pajak yang taat dan patuh membeyarkan pajak mereka (foto: yahya/pktv)

Bontang. Sebagai bentuk apresiasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bontang kepada masyarakat yang patuh dan taat dalam membayar pajak, Bapenda menggelar Gebyar Bayar Pajak pada Rabu (18/12/2019) yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan, serta masyarakat wajib pajak.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha Bapenda untuk  memikat masyarakat dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak dan retribusi daerah lainnya. Dengan cara memberikan apresiasi kepada masyarakat yang patuh dan taat dalam membayar pajak, dimana dalam Gebyar Bayar Pajak,  Bapenda menyiapkan 3 unit sepeda motor bagi wajib pajak yang dipilih secara acak.

Dalam laporannya, Kepala Bapenda Bontang Sigit Alfian, mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Undang–Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah, serta SK Bapenda Tahun 2019 Tentang Pemberian Hadiah Dan Pemberian Undian–Undian Pajak Tahun 2019.

Lebih lanjut Sigit mengatakan bahwa dengan dibentuknya OPD baru yakni Bapenda oleh Wali Kota Bontang sangat tepat untuk membantu dalam menghimpun pendapatan daerah yang terdiri dari dana transfer bagi hasil dari pemerintah pusat dan dari provinsi serta dapat lebih fokus dalam menghimpun PAD Kota Bontang.

“Tujuan dari dibentuknya Bapenda, yaitu agar dapat menjadi kemandirian bagi daerah, sehingga ke depannya pemberdayaan dan pembelajaan pembangunan daerah yang tidak tergantung dana transfer dari pusat dengan memiliki strategi pembangunan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang,” jelasnya.

Selanjutnya Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, dalam sambutannya mengatakan keberhasilan pembangunan suatu daerah dapat dilihat dari penghasilan daerah salah satunya yakni penghasilan pajak yang didapat dari para wajib pajak yang taat membayar pajak.

Neni menambahkan, bahwa APBD Bontang mengalami kenaikan setiap tahunnya, dimana APBD pada tahun 2020 Kota Bontang bisa mencapai angka 1,6 Trilliun Rupiah lebih.

“Semakin mandiri suatu daerah, maka akan semakin maju daerah tersebut dengan Pendapatan Asli Daerah. Saya berharap untuk pendapatan asli daerah bukan hanya didapat dari pajak saja namun juga bisa berasal dari retribusi lain yang dapat diberikan untuk Pendapatan Asli Daerah Kota Bontang,” terangnya.

Pada kegiatan Gebyar Bayar Pajak kali ini, 3 orang beruntung yang berhasil membawa hadiah utama berupa sepeda motor adalah Andi Mardi Santoso warga Bontang Utara, Mazmur Silalahi warga Bontang Selatan, dan Joni warga Bontang Barat.

Selain itu diberikan juga piagam penghargaan  kepada wajib pajak restoran, wajib pajak katering, wajib pajak hotel dan wajib pajak hiburan yang telah memenuhi kewajiban mereka.

Laporan: Yahya

Click to comment
To Top