Salah satu tim menyelesaikan rintangan Fire and Rescue Competition dalam rangka bulan K3 Nasional Pupuk Kaltim (Foto: Mansur)
Corporate

13 Tim Meriahkan Fire and Rescue Competition Bulan K3 PKT

Bontang. Rangkaian kegiatan bulan K3 Nasional di PT Pupuk Kaltim terus berlanjut, dengan digelarnya Fire and Rescue Competition antar masyarakat. Kegiatan berlangsung di halaman Gedung Olahraga (GOR) Pupuk Kaltim, Minggu (11/2) pagi.

Kompetisi diikuti 13 tim dari enam kelurahan yang ada di ring-1 PT Pupuk Kaltim, diantaranya Kelurahan Loktuan (2 tim), Guntung (3 tim), Bontang Kuala (2 tim), Gunung Elai (2 tim), Belimbing (2 tim), dan Kelurahan Gunung Telihan (2 tim).

Berbagai rintangan harus dilalui tiap tim, meliputi rintangan membuka pintu yang terkunci, titian/jembatan, jaring, rintangan menarik ban, pemadaman api dengan teknik jet, pemadaman kompor dengan selimut, serta melakukan evakuasi korban.

Diungkapkan Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bekal pengetahuan kepada masyarakat, dalam pencegahan serta penanggulangan kebakaran.

Selain juga bekal penyelamatan jiwa (evakuasi), sekaligus meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya kebakaran.

“Melalui kegiatan ini kami berharap, semakin banyak masyarakat yang paham dan mengerti tata cara memadamkan api dengan baik dan benar. Sehingga dapat memperkecil potensi dan bahaya kebakaran,” ujarnya.

Sementara, Wakil Walikota Bontang Basri Rase, yang hadir dalam kesempatan itu menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan bulan K3 Nasional di Pupuk Kaltim. Menurutnya, secara tidak langsung perusahaan telah membantu pemerintah hal meningkatkan kewaspadaan, keamanan, keselamatan, serta perlindungan kepada masyarakat Bontang. Khususnya terkait bahaya dan potensi kebakaran.

“Kegiatan ini menjadi edukasi sekaligus memberikan pemahaman bagaimana penanganan api, yang diharap dapat diaplikasikan dengan baik dalam mencegah kebakaran sekira terjadi,” papar Basri.

Dari ketatnya persaingan, juara pertama Fire and Rescue Competition antar masyarakat tersebut diraih tim Nitrogen dari Kelurahan Bontang Kuala, juara 2 tim NPK dari Kelurahan Guntung, juara 3 tim Oxygen dari Kelurahan Loktuan, dan juara harapan 1 tim Kalium dari Kelurahan Gunung Telihan. Serta juara harapan 2 tim Chlorine dari kelurahan Bontang Kuala.

Selain itu, panitia juga memberikan penilaian kepada tim dengan yel-yel terbaik, yang berhasil disabet tim Amoniak dari Kelurahan Guntung. Juga suporter terheboh diraih Kelurahan Bontang Kuala.(*)

 

Laporan: Mansur

  • 1
    Share