Pemerintah

Wujudkan Smart City, Diskominfotik Bontang Segera Launching Aplikasi E-Fishery Bagi Nelayan

Kepala Diskominfotik Bontang M Dasuki (Foto: Aris)

Bontang. Mewujudkan Bontang sebagai Smart City berbasis teknologi informasi dan komunikasi, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) dalam waktu dekat akan segera launching beberapa terobosan berbasis informasi dan teknologi (IT).

Diantaranya sejumlah aplikasi berbasis IT, guna membantu masyarakat dalam melaksanakan aktivitas harian. Salah satunya aplikasi E-Fishery, guna membantu para nelayan Bontang memantau kondisi laut, dalam upaya meningkatkan hasil tangkapan melalui teknologi digital berbasis online.

Ditargetkan, E-Fishery akan mulai diaktivasi akhir tahun 2017, dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan).

“Aplikasi e-fishery dapat digunakan di smartphone secara gratis guna membantu nelayan kita menjalankan aktivitasnya,” ujar Kepala Diskominfotik Bontang M Dasuki.

Selain E-Fishery, pihaknya pun kata Dasuki, tengah menyiapkan konsep baru dengan nama E-Sembako, serta memberntuk komunitas pintar dalam menciptakan pemikiran berbasis IT yang dinamakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

“Hal ini akan terus kita kembangkan, perwujudan Bontang sebagai Smart City di Kalimantan Timur. Bahkan untuk mendukung E-Fishery, kita sudah pasang akses internet disejumlah wilayah pesisir dan bisa dimanfaatkan warga secara gratis,” tambahnya.(*)

 

Laporan: Aris

Click to comment
To Top