Kesehatan

Warga Tanpa Jaminan Kesehatan Tetap Bisa Berobat Gratis di RSUD

Walikota Bontang Neni Moerniaeni (Foto: Aris)

Bontang. Walikota Bontang Neni Moerniaeni, memastikan warga Bontang yang tidak memiliki jaminan kesehatan, baik Jaminan Kesehatan daerah (Jamkesda) maupun BPJS, tetap bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada.

Pasalnya, saat ini Pemerintah Kota Bontang telah menginstruksikan Dinas Kesehatan dan keluarga Berencana (Diskes-KB), serta RSUD untuk segera mengakomodir hal tersebut.

Masyarakat cukup membawa Kartu Keluarga (KK) dan Ktp (KTP-el) sebagai warga Bontang, sebagai syarat pelayanan kesehatan.

“Namun begitu, layanan ini hanya berlaku di RSUD Taman Husada, dengan penempatan pasien di kelas tiga,” ujar Walikota saat sambutan Paripurna Istimewa Dprd Bontang, dalam rangka peringatan HUT Bontang ke-18 tahun, Kamis 12 Oktober 2017.

Berdasarkan data Diskes-KB Bontang, ada sebanyak 15.061 warga tercatat tidak memiliki jaminan kesehatan, baik Jamkesda maupun BPJS Kesehatan.

Terbatasnya jumlah anggaran pemerintah khususnya untuk sektor pembiayaan jaminan kesehatan, diduga menjadi salah satu penyebab tidak terpenuhinya hak jaminan kesehatan bagi belasan ribu penduduk tersebut.(*)

 

Laporan: Sary | Aris

  • 501
    Shares
Click to comment
To Top