Berita Kota

Warga Gunung Elai Harap Penanggulangan Banjir Prioritas Musrenbang

Ketua Forum RT Kelurahan Gunung Elai Agung Hariyanto (kanan) saat mendampingi sidak DPRD beberapa waktu lalu (Foto: Faisal)
Ketua Forum RT Kelurahan Gunung Elai Agung Hariyanto (kanan) saat mendampingi sidak DPRD beberapa waktu lalu (Foto: Faisal)

Bontang. Warga Kelurahan Gunung Elai Kecamatan Bontang Utara, berharap agar penanggulangan banjir menjadi prioritas usulan ke Pemerintah Daerah, utamanya melalui Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota.

Hal itu disampaikan sejumlah warga, saat sidak Komisi 3 DPRD Bontang beberapa waktu lalu di Kelurahan Gunung Elai, dalam rangka memastikan usulan prioritas melalui Musrenbang tingkat kota tahun 2018, bisa diakomodir dan tepat sasaran.

Dikatakan Wakil Ketua DPRD Bontang Faisal, yang turut dalam kesempatan itu, usulan langsung dari masyarakat sangat dibutuhkan pihaknya, untuk kemduian dapat diklasifikasikan sesuai prioritas yang diajukan, agar kemudian dapat diperjuangkan.

“Maka dari itu kami perlu meninjau langsung prioritas apa saja yang dibutuhkan, agar pembangunan tepat sasaran,” ujar Faisal.

Senada Wakil Ketua Komisi 3 Suhut Hariyanto, juga berharap usulan yang diajukan warga sesuai skala prioritas bisa terakomodir dan terealisasi. Apalagi selama ini kerap terjadi program yang tidak diusulkan warga justru diakomodir dalam Musrenbang, sehingga menjadi tidak tepat sasaran.

“Pada dasarnya penentuan usulan prioritas ditentukan tim delegasi dan bukan dinas terkait. Maka perlu ada penyesuaian agar yang terakomodir benar-benar sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua Forum RT Kelurahan Gunung Elai Agung Hariyanto, mengungkapkan pada dasarnya seluruh RT menginginkan usulan terakomodir. Dan berdasarkan kesepakatan, usulan prioritas terkait penanganan banjir saat ini menjadi hal utama. Salah satunya, normalisasi sungai serta semenisasi bibir sungai.

“Kami meminta agar siapapun nanti yang mengerjakan proyek dapat mensosialisasikan terlebih dulu kepada masyarakat, sebelum melakukan pekerjaan,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman DPKPP Bontang Edi Ronting, turut meminta Kelurahan maupun RT setempat untuk bisa memastikan status lahan yang akan dikerjakan, jika usulan terakomodir melalui Musrenbang. Agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

“Ini hendaknya bisa jadi perhatian kita, agar pembangunan yang dilaksanakan berjalan lancar dan sesuai harapan,” tuturnya.(*)

 

Laporan: Sary | Faisal

Click to comment
To Top