Berita Kota

Vista Karsa 2015 : Mana Kreasi Mu? Shoot, Wrap, and Frame Your Nation!

Bontang. Festival Film Pelajar Kalimantan Timur (Vista Karsa) tahun 2015 siap digelar. Ratusan film hasil kreasi pelajar dan sineas muda Kota Bontang dan Kalimantan Timur, siap di adu dihadapan juri berpengalaman. Dan malang melintang dalam dunia perfilman nasional.

Dijelaskan ketua panitia Vista Karsa 2015 dari Komunitas Film maker Bontang, Fadhil K Jaffar, kegiatan dengan tema ‘Shoot, Wrap, and Frame Your Nation’ ini sengaja dikemas untuk mewadahi sineas muda kota Taman dan Kalimantan Timur, dalam menuangkan gagasan serta ide kreatif dalam bentuk film.

Sehingga output yang dihasilkan melalui kegiatan ini bisa berdampak terhadap pembangunan maupun bersifat promosi daerah.

“ Tembak, bungkus, dan bingkai negaramu. Itu tema yang kami tuangkan dalam kegiatan kali ini. Bagaimana potensi daerah yang ada dapat digagas dalam film masing-masing peserta,” papar Fadhil, dalam konferensi pers Vista Karsa yang dilaksanakan Sabtu (8/8/2015).

Lebih lanjut, poin pokok yang menjadi perhatian dalam Vista Karsa ini yakni gagasan maupun ide yang dituangkan, orisinalitas karya serta kreatif yang tertuang menjadi hal utama dalam penilaian yang dilaksanakan.

“ Gagasan dan ide yang original, itu yang kami tekankan kepada setiap peserta. Bagaimana ide itu tertuang dalam karya, menjadi hal utama yang menjadi pertimbangan bagi kami dalam penilaian,” jelasnya.

Gagasan dan ide yang dimaksud itu menurutnya, bisa saja hal yang selama ini tengah terjadi dimasyarakat dan menjadi sebuah fenomena sosial. Film sebagai salah satu langkah dalam menyampaikan suara maupun pendapat, bisa menjadi potensi kuat dalam meng’kritisi’ segala sesuatu yang sekiranya berdampak terhadap kehidupan bermasyarakat.

“ Dari hal-hal seperti itu lah film dapat dikatakan sebagai sebuah wadah dalam menyampaikan suara dan pendapat. Kritik sosial terhadap sebuah kondisi dapat terbangun dalam ide yang bisa dicerna oleh penonton, yang pasti gagasan itu membangun,” tambahnya.

Selain itu, Vista Karsa 2015 yang didukung  penuh oleh pktvbontang.com dan Bontang Magz ini, diharapkan dapat mencetak lebih banyak sineas muda Kalimantan Timur untuk dapat mengambil peran dalam dunia perfilman Indonesia. Sineas muda dengan daya saing yang tak kalah dari daerah lain, diharapkan dapat tumbuh dan berkembang di Bumi Etam. Seiring semangat yang terus ditularkan melalui beragam kompetisi yang dilaksanakan.

Tercatat dari tahun ke tahun Vista Karsa berhasil mencetak generasi baru perfilman Kalimantan Timur, dan terus berkembang dalam menuangkan cerita dari gagasan yang dihasilkan.

“ Dari tahun ke tahun kami lihat animonya semakin tinggi. Hal ini lah yang ingin terus kami tularkan, agar generasi Kalimantan Timur ini dapat menghasilkan sineas muda yang berdaya saing, dan tak kalah dengan orang-orang di Jakarta sana. Baik dalam hal ide, gagasan, maupun hasil karya,” pungkas Fadhil.

Rencananya, sejumlah artis dan sutradara papan atas akan hadir dalam acara puncak yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Agustus 2015 mendatang. Nama seperti Kemal Pahlevi, Wulan Guritno, Vino G Bastian, serta Robby Ertanto akan menjadi juri utama Vista Karsa.

Tak heran jika sejauh ini sudah masuk puluhan hasil kreatifitas sineas muda Kalimantan Timur dari tingkatan pelajar SMU sederajat, yang terdaftar menjadi peserta. Walau begitu, batas akhir pengumpulan karya pada 15 Agustus 2015 mendatang, ditargetkan panitia dapat menampung sekitar 300 hasil karya.

“ Saat ini sudah banyak karya yang masuk ke meja panitia, kami targetkan pada batas akhir pengumpulan nanti sekitar 300 hasil karya dapat kami tampung,” terang Hermi Syafruddin, Sekretaris Vista Karsa 2015.

Dilain hal, Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bontang menyatakan terus memberikan dukungan terhadap kreatifitas generasi muda kota Bontang layaknya Vista Karsa ini.

Sunarto yang menjadi perwakilan Disbudpar Bontang dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, jika kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana promosi daerah, dalam pengembangan potensi pariwisata yang terus digalakkan Pemerintah.

Dimana karya yang tercipta diharap mampu menjadi media dalam mengangkat citra maupun potensi yang ada pada tiap daerah di Kalimantan Timur. Sehingga dapat lebih dikenal oleh khalayak, seiring gagasan yang tertuang dalam setiap karya film.

“ Pemerintah akan terus mendukung kegiatan generasi muda kita layaknya vista karsa ini. Kami lihat semangat inilah yang harus kita dorong bersama, agar kedepan, potensi yang ada di Kalimantan Timur ini dapat lebih ter-eksplore dengan baik,” ungkapnya.

 

 

Laporan : Revo Adi M

Click to comment
To Top