Berita Kota Tips Topik

Usir Semut Tanpa Insectisida

Bontang. Semut termasuk serangga pengganggu yang menyebalkan di rumah. Tidak hanya menyukai makanan manis, semut juga sering menyerang bumbu dan bahan makanan lainnya. Bahkan yang lebih menyebalkan lagi, beberapa jenis semut memiliki gigitan beracun yang membuat kulit sakit maupun gatal.

Memang sich, saat ini sudah banyak merk insectisida yang bisa digunakan untuk mengusir semut. Namun penggunaan insectisida tentu bukannya tanpa risiko, apalagi jika terpapar pada makanan. Lalu, bagaimana caranya mengusir pasukan semut itu pergi? Tenang saja, karena Anda bisa membuat ramuan alami yang aman dan efektif untuk membasmi semut. Untuk lebih jelasnya, intips aja yuk…

Baking soda

Aroma baking soda bisa mengacaukan penciuman semut, karena itu Anda bisa menaburkan bubuk baking soda pada tempat yang ingin bebas dari semut.

Garam dan lada

Campuran garam dan lada bubuk akan membantu mengusir semut menjauh dari rumah Anda. Karena itu, taburkan ramuan tersebut pada pojok rumah, bawah meja makan, atau tempat lainnya yang ingin bebas dari semut.

Air perasan jeruk nipis

Untuk mengacaukan penciuman semut, Anda bisa menggunakan air jeruk nipis. Semprotkan pada jalan yang biasa dilalui semut, dijamin semut tidak akan mengganggu makanan Anda.

Daun sirih

Aroma daun sirih tidak disukai semut, karena itu Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir semut pergi. Caranya dnegan meremas daun sirih dan meletakkan pada bagian yang Anda inginkan bebas dari semut.

Kayu manis

Kayu manis memiliki aroma khas yang tidak disukai semut. And abisa menaburkan bubuk kayu manis pada lokasi yang ingin bebas dari semut.

Bubuk  kopi

Bubuk kopi tidak hanya bermanfaat menetralisir bau, tapi juga membuat semut kabur. Anda bisa menaburkan bubuk kopi atau ampas kopi sisa minuman Anda pada tempat-tempat yang diinginkan.

Cengkeh

Cengkeh termasuk rempah penyedap masakan, namun aromanya tidak disukai semut. Haluskan cengkeh, kemudian taburkan pada lokasi yang Anda inginkan bebas dari semut.

Kulit telur ayam

Jangan buang kulit telur ayam Anda, karena dia bermanfaat utuk mengusir semut. Caranya, hancurkan kulit telur dan sangrai hingga berwarna kehitaman. Taburkan pada tempat-tempat yang Anda ingin bebas dari gangguan semut atau bisa juga ditaburkan langsung pada sarang semut.

Cuka

Semut paling tidak suka dengan aroma cuka, karena itu Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir jauh semut. Caranya dengan menyemprotkan cuka pada sarang semut atau tempat yang Anda ingin bebaskan dari gangguan semut.

Bedak bayi

Bedak bayi juga ampuh mengusir semut pergi. Untuk menjaga si kecil dari gigitan semut, taburkan bedak bati pada bawah tempat tidur bayi atau tempat lainnya.

Ternyata untuk mengusir semut pergi, kita tidak perlu insectisida yang berbahaya ya! Semoga informasi tentang Cara basmi semut dengan bahan alami diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

(Berbagai sumber) (*)

Editor : Kartika Anwar