Berita Kota

Tunjang Kompetensi Guru TK/PAUD, LKP Al Kautsar Gelar Pelatihan PKB

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) oleh LKP Al Kautsar Bekerjasama dengan IGTKI Bontang (Foto: Nasrul)

Bontang. Guna meningkatkan kompetensi guru dalam pengembangan keterampilan instruksional, dan pengetahuan terhadap konten pembelajaran yang diberikan. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Al Kautsar bekerjasama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Bontang, menggelar pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) bagi diikuti 303 guru TK se-Kota Bontang. Bertempat di auditorium eks Kantor Walikota Bontang, Senin 24 Juli 2017.

Peningkatan profesionalitas guru melalui program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) ini, merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, sebagai upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik.

Sejalan dengan itu, pemetaan pun dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG), utamanya kompetensi pedagogik dan professional, sejak akhir 2015 lalu.

“Pelatihan ini sejatinya diikuti 338 guru. Tapi dikarenakan beberapa diantaranya pindah dan mutasi keluar daerah, jadi hanya diikuti 303 peserta saja. Kami harap para peserta bisa bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini,” ujar Rumani, Ketua IGTKI Bontang.

Sementara Pemerintah Kota Bontang yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Akhmad Suharto, memberikan apresiasi atasu terselenggaranya kegiatan pelatihan ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi guru TK dan PAUD selaku peserta, untuk lebih meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.

“Semoga adanya program pengembangan keprofesian ini, mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan para guru di Kota Bontang,” paparnya.

Narasumber pelatihan program, didatangkan dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik Tenaga Kependidikan TK dari Bandung Jawa Barat. (*)

 

Laporan: Nasrul

Click to comment
To Top