Berita Kota

Tumbuhkan Geliat Batik Lokal dan Pengrajin yang Profesional

Plt Kepala Diskop-UKMP Bontang Karlina (kiri) bersama Ketua PKK Bontang Hapidah Basri Rase (kanan) saat mengikuti pelatihan membatik (Foto: Mansur)

Bontang. Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskop-UKMP), bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bontang menggelar pelatihan membatik di Pondok Batik Etam, Jl Soekarno Hatta Kelurahan Gunung Telihan Bontang Barat. Senin, 19 Maret 2018.

Walikota Neni Moerniaeni yang hadir dalam pembukaan kegiatan, mengapresiasi pelatihan tersebut. terlebih dengan cukup tingginya antusias peserta.

Ia berharap dari pelatihan ini mampu melahirkan pengrajin batik Bontang yang lebih profesional, serta mampu memproduksi batik dengan baik. Agar kedepan produksi batik lokal bisa memenuhi kebutuhan pasar, dan tidak lagi mendatangkan dari luar daerah seperti saat ini.

“Pelatihan ini sekaligus mempersiapkan sumberdaya manusia Bontang yang mandiri, dalam menghadapi kondisi daerah pasca migas nantinya,” ujar Neni.

Pelatihan diikuti 20 peserta dari perwakilan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Kaltim, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bontang, serta utusan tujuh Kelurahan di Kota Bontang.

“Pelatihan ini salah satu upaya pemerintah, dalam meningkatkan kreatifitas masyarakat. Agar mampu berkembang dan menghasilkan produk bernilai ekonomis,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskop-UKMP Bontang, Karlina. (*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top