Kesehatan

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Diskes-KB Gelar Pelatihan Manajemen Terpadu Balita Sakit

Pelatihan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Diskes-KB Bontang (Foto:Nasrul)
Pelatihan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Diskes-KB Bontang (Foto:Nasrul)

Bontang. Guna menunjang kapasitas mutu pelayanan petugas kesehatan bagi masyarakat khususnya balita, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes-KB) Kota Bontang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan RI, menggelar pelatihan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) bagi perwakilan petugas kesehatan di Puskesmas maupun klinik se-Kota Bontang. Kegiatan berlangsung di Hotel Bintang Sintuk, diikuti 24 peserta. Senin, 3 Juli 2018.

Dijelaskan narasumber dari Kementerian Kesehatan, dr Hari Papilaya, pelatihan ini berisi metode pemeriksaan balita mulai pendeteksian penyakit, pemberian obat yang sesuai, hingga evaluasi imunisasi.

“Pemeriksaan MTBS juga melalui 2 tahapan evaluasi, yakni saat balita berumur 0 hingga 2 bulan, dan 2 bulan hingga 5 tahun,” katanya.

Perlunya petugas kesehatan menerapkan standar MTBS kata dr Hari Papilaya, dikarenakan acuan yang mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Meski diakui, petugas kesehatan yang ada di Bontang sudah mengetahui dan mampu melaksanakan MTBS secara aktif.

“Akan tetapi perlu adanya peningkatan ilmu tentang MTBS, agar para peserta dapat membagi ilmu kepada seluruh petugas kesehatan di Puskesmas (Kalakarya MTBS) di Bontang,” lanjutnya.

Pelatihan berlangsung selama 5 hari, mulai Senin (2/7) hingga Jumat (6/7), menghadirkan fasilitator dr Rosdiana dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur. (*)

 

Laporan: Rahma | Nasrul

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.