Berita Kota

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, 2 Inovasi Unggulan Diluncurkan Disdikbud Bontang

Kabid Pendidikan Disdikbud Bontang Saparuddin pada saat memberikan keterangannya (foto: aris/pktv)

Bontang. Wali Kota Bontang menginstruksikan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang diminta untuk selalu melakukan inovasi seperti memperbaiki kualitas pelayanan publik dan khususnya pada kualitas dunia pendidikan, salah satunya dengan memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang Saparuddin, saat ditemui diruangannya. Menurutnya, Disdikbud telah melaksanakan hal tersebut, dan 2 inovasi unggulan pun telah pihaknya siapkan.

2 inovasi tersebut yakni Program Bimbingan Belajar Gratis (Bintang) dan Pengaplikasian Papan Tulis Pintar (Anyboard) di kelas. Bintang dilahirkan sebagai upaya  untuk memaksimalkan jam belajar 19.00-21.00 WITA bagi pelajar Bontang, yang diberikan untuk kelas 6 SD dan kelas 3 SMP, khusus bagi pelajar kurang mampu.

“Namun program Bintang, cakupannya masih terbatas. Tetapi kedepannya, Disdikbud bontang akan berencana memperluas cakupannya. Bukan lagi per kelas hanya untuk kelas 6 SD dan 3 SMP saja, namun diberikan bagi semua pelajar yang bersemangat mengikuti bimbingan belajar,” jelasnya.

ANYBOARD YANG MERUPAKAN SALAH SATU INOVASI UNGGULAN DISDIKBUD BONTANG (FOTO: ARIS/PKTV)

Selanjut ditambahkan Saparuddin, adapun untuk pengaplikasian papan anyboard sejatinya telah dimulai tahun lalu, beberapa papan anyboard pun telah di bagikan kesekolah-sekolah namun pembagiannya masih terbatas. Hal tersebut dilakukan sebagai evaluasi Disdikbud apakah papan anyboard tersebut telah berhasil meningkatkan antusiasme dan kualitas belajar siswa dikelas atau sebaliknnya.

“Kedepan, bila anyboard terbukti berhasil meningkatkan kualitas belajar mengajar di kelas, Disdikbud Bontang berencana kembali melakukan pengadaan anyboard dan menyalurkannya ke setiap sekolah baik itu sekolah swasta maupun negeri,” ungkapnya.

Laporan: Aris

Click to comment
To Top