Workshop dan Pelatihan IGTKI Bontang (Foto: Aris)
Pendidikan

Tingkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik, IGTKI Gelar Pelatihan

Bontang. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan serta memajukan kualitas tenaga pendidik khususnya guru taman kanak-kanak (TK), Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Bontang menggelar workshop dan pelatihan dengan tema “Meningkatkan Kreatifitas Guru dalam Merancang Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif”, Rabu 8 Februari 2017 di auditorium eks Kantor Walikota Bontang.

Pelatihan yang bekerjasama dengan penerbit buku Intan Pariwara ini, diikuti seluruh kepala sekolah dan guru TK se-Kota Bontang, dibuka secara resmi oleh Walikota Bontang Neni Moerniaeni.

“Salah satu tujuan dari pelatihan ini guna meningkatkan kreatifitas dan inovasi guru dalam memberikan pembelajaran, agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan,” ujar Ketua IGTKI Bontang Rumani.

Dijelasakan Rumani, materi pelatihan yang diberikan bagi para guru TK ini diantaranya membuat diari bagi siswa, berisi tentang kesehatan, kedisiplinan, dan ketekunan siswa.

“Uniknya, diari ini akan dilengkapi stiker beraneka bentuk dan gambar yang nantinya diberikan kepada siswa untuk ditempelkan di buku diari mereka,” tambahnya.

Kegiatan ini mendapat sambutan dan apresiasi langsung Walikota Neni Moerniaeni. Dikatakannya, peningkatan kualitas tenaga pendidikan sangat penting dilakukan, mengingat baik buruknya siswa dinilai dari kualitas guru yang mengajar.

“Melalui pelatihan ini, Pemerintah berharap guru dapat memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga terbentuk karakter anak yang baik dan positif kedepannya,” ungkapnya.

Program yang kaya pengalaman, aktivitas kreatif dan bermain, merangsang keterampilan sosial dan emosi pada anak usia pra sekolah. Hal ini pun secara tak langsung berpengaruh positif pada perkembangan intelektual anak.

Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi guru dapat merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif, agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan karakter yang baik.(*)

 

Laporan : Sary & Aris