Pendidikan

Tingkatkan Jiwa Wirausaha Siswa, SMA Negeri 1 Kunjungi Toga Binaan Pupuk Kaltim

Puluhan siswa SMA Negeri 1 Bontang saat kunjungan ke Rumah Toga Ma'rifah Herbal (Foto: Mansur)
Puluhan siswa SMA Negeri 1 Bontang saat kunjungan ke Rumah Toga Ma'rifah Herbal (Foto: Mansur)

Bontang. Rumah Tanaman Obat Keluarga (Toga) Ma’rifa Herbal binaan Pupuk Kaltim di RT 11 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, tidak henti mendapat kunjungan dari lembaga pendididikan.

Seperti Rabu, 12 September 2018, rumah toga dengan koleksi 180 jenis tanaman obat ini dikunjungi puluhan siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Bontang.

dikatakan guru pendamping Suyanik, kunjunganya ke salah satu CSR unggulan Pupuk Kaltim ini merupakan agenda program SMA rujukan, bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan para siswa.

“Lewat kunjungan ini, diharapkan dapat menambah wawasan para siswa tentang tanaman toga, serta dapat memberikan inspirasi agar bisa mengembangkan program tersebut di lingkungan sekolah,” ujar dia.

Para siswa mengenal berbagai jenis TOGA (Foto: Mansur)

Kunjungan ini pun disambut hangat Asma, Ketua Kelompok Toga Ma’rifa Herbal. Dirinya mengajak para siswa mengelilingi area toga, sambil memperkenalkan berbagai tanaman obat serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, Asma juga memperkenalkan berbagai hasil olahan Ma’rifah Herbal, salah satunya minyak urut yang diramu dari 44 jenis tanaman.

Staf Departemen CSR Pupuk Kaltim Esti Yuli Wulandari, yang hadir pada kesempatan itu menyambut baik adanya kunjungan lembaga pendidikan di rumah toga.

Hal ini kata dia, membuktikan pembinaan oleh Pupuk Kaltim tidak hanya memberi manfaat bagi penerima saja, namun juga masyarakat sekitar. Dikatakan Esti, Ma’rifah Herbal merupakan salahsatu program CSR unggulan Pupuk Kaltim yang telah ikut mengantarkan meraih proper emas nasional tahun 2017 lalu.

“Bagi para siswa yang ingin belajar dan penelitian di Ma’rifah Herba, kami sangat senang dan siap menfasilitasi. Selain bermanfaat bagi para siswa, juga sangat bermanfaat bagi Pupuk Kaltim untuk mengembangkan program ini kedepannya,” terang Esti.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top