Corporate

Tingkatkan Daya Saing, PKT Gelar Training Awareness ISO Versi 2015

Bontang. PT Pupuk Kaltim menggelar training awareness ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015 sebagai perubahan terbaru ISO 9001 dan 14001. Kegiatan diikuti 84 karyawan, bertempat Kantor Pusat PKT. Senin 16 Januari 2016.

Dikatakan Manager Diklat PT Pupuk Kaltim Tathit Surya Anjani, kegiatan ini dalam upaya memberi pengetahuan kepada karyawan tentang sistem thicking dari kedua ISO tersebut. Selain itu, pun karyawan diharap mampu mengidentifikasi persyaratan ISO 9001:2015 dan ISO 14001:2015. Termasuk perbedaan ISO 9001 versi 2008 dengan 2015, serta perbedaan ISO 14001 versi 2004 dengan 2015.

“Tujuannya agar karyawan dapat memahami apa yang harus direvisi dalam sistem managemen mutu dan lingkungan, yang sudah diterapkan sekarang untuk memenuhi persyaratan ISO versi terbaru,” ungkapnya.

Sementara Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana dalam kesempatan itu mengatakan, perkembangan industri yang cukup pesat, mengharuskan perusahaan untuk melakukan segala upaya menuju industri terbaik.

Managemen yang baik, kata dia, menjadi kunci sukses industri saat ini. Maka dari itu, perusahaan dituntut untuk memberikan kualitas yang terbaik tanpa melupakan dampak lingkungannya.

Dalam hal ini Pupuk Kaltim telah menerapkan beberapa sistem managemen, diantaranya sistem managemen mutu, managemen lingkungan, managemen K3, managemen resiko, managemen energi dan lainnya. Implementasinya, seluruh sistem managemen perlu terintegrasi, terhadap tujuan utama mencapai visi misi perusahaan.

“Penerapan ISO terbaru inilah nantinya yang akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Diantaranya, meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui jaminan kualitas yang terorganisasi dengan baik, serta meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan pasar global. Serta meningkatkan kualitas dan produktifitas managemen, melalui kerjasama dan komunikasi yang lebih baik,” terang Bagya.

ISO 9001:2015 merupakan standar internasional dibidang sistem manajemen mutu, dengan akreditasi dari pihak independen. Hal ini dikarenakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk serta jasa yang dihasilkannya.

Sedang ISO 14001:2015 merupakan spesifikasi internasional untuk sistem manajemen lingkungan, guna membantu perusahaan mengidentifikasi, memprioritaskan, serta mengatur risiko lingkungan sebagai bagian dari praktik bisnis normal. (*)

 

Laporan : Mansur

Click to comment
To Top