Berita Kota

Tidak Terjadi Lonjakan Keberangkatan Pemudik Tahun Ini

Operator Terminal Kilometer 6 Dishub Kaltim Karimuddin didampingi Perwira Pengendali Operasi Pos Terpadu Kilometer 6 Toto pada saat memberikan penjelasan kondisi pemudik di terminal bontang (foto: yahya/pktv)

Bontang. Mendekati Hari Raya Lebaran 1440H, pada hari Senin (3/6/2019) yang merupakan H-2 Lebaran, tidak terjadi kenaikan jumlah pemudik atau keberangkatan dari dan menuju luar kota Bontang. Hal ini terlihat dari pantauan Tim Liputan PKTV di Terminal Kilometer 6.

Toto yang merupakan Perwira Pengendali Operasi Pos Terpadu Kilometer 6 mengatakan bahwa keberangkatan penumpang tahun ini tidak terjadi lonjakan yang cukup signifikan dibanding dengan tahun–tahun sebelumnya. Dirinya mengungkapkan hal ini terjadi lantaran untuk moda trasportasi darat angkutan umum sudah tidak lagi diminati.

“Dari data per tanggal 29 Mei 2019, keberangkatan untuk seluruh moda transportasi darat menggunakan bis setiap harinya hanya sekitar 100 hingga 150 orang, dan dengan kedatang dari luar bontang sebanyak 60 orang,” jelasnya.

SUASANA TERMINAL KILOMETER 6 BONTANG YANG TAMPAK LENGANG DI H-2 LEBARAN (FOTO: YAHYA/PKTV) 

Senada dengan Toto, Operator Terminal Kilometer 6 Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltim, Karimuddin membenarkan bahwa memang pada tahun ini tidak terjadi peningkatan penumpang, baik yang berangkat maupun yang datang di Terminal Kilometer 6. Dia mengungkapkan, hal tersebut terjadi dikarenakan libur panjang sekolah dan lebaran sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang.

“Tetapi untuk antisipasi penumpukan penumpang, kami selalu berkoordinasi dengan petugas Terminal Lempake yang ada di Samarinda,” ungkapnya.

Laporan: Yahya

Click to comment
To Top