Corporate

Terapkan CSV, PKT Gelar Pelatihan Pengolahan Sampah

Bontang. Selain menunjukkan kepedulian melalui Corporate Social Responsibility (CSR), PT Pupuk Kaltim turut menyalurkan bentuk kepedulian lainnya melalui konsep Creating Shared Value (CSV) bagi masyarakat. Berupa program pembekalan usaha dan pemberdayaan masyarakat.

Seperti halnya kegiatan pemberdayaan masyarakat pengolahan sampah sistem terpadu 3R (Reduce, Reuse, Recycle) kepada warga sekitar perusahaan, menggandeng Tridaya Partner Your Bussiness dari Kota Malang Jawa Timur, Selasa 27 Desember 2016.

Koordinator pelaksana kegiatan Marsidiq, dalam laporannya menyampaikan pelatihan yang diikuti 30 peserta ini akan mengikuti pembekalan kewirausahaan barang bekas sehingga bernilai ekonomis, selama 14 hari.

“Tujuan pelatihan ini guna memberdayakan masyarakat bufferzone agar lebih mandiri, serta menciptakan tenaga terdidik dan berpengalaman dalam bidang pengelolaan barang bekas menjadi lebih bernilai ekonomis,” ungkapnya.

Sementara General Manager Umum PT Pupuk Kaltim Nur Sahid, mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu sinergi bersama pemerintah dalam mendukung terwujudnya creative city, yang ditujukan pada pengembangan dunia usaha.

“Sinergi pupuk kaltim dengan pemerintah Kota Bontang di bidang pengembangan usaha kami nilai tepat, mengingat pasokan gas alam yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bisa habis seaktu-waktu. Maka perlu sumber usaha lain dalam menopang kebutuhan ekonomi masyrakat,” paparnya.

Mewakili pemerintah Kota Bontang, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Bontang Sabransyah, menyatakan dukungan pelatihan program 3R yang dilaksanakan PT Pupuk Kaltim. Mengingat kegiatan ini sejalan dengan arah kebijakan nasional dalam mengurangi volume sampah sejak dari sumbernya.

“Semoga kegiatan ini bisa terus terlaksana dalam upaya mengurangi jumlah sampah untuk bisa dimanfaatkan dengan lebih ekonomis,” terangnya. (*)

 

Laporan : Yuli & Faisal

Click to comment
To Top