Berita Kota

Tekan Kematian Ibu dan Bayi, RS Amalia Gelar Seminar Kesehatan

pembukaan seminar kesehatan ibu hamil oleh Rumah Sakit Amalia Bontang (Foto: Faisal)
pembukaan seminar kesehatan ibu hamil oleh Rumah Sakit Amalia Bontang (Foto: Faisal)

Bontang. Didasari meningkatnya angka kematian ibu dan bayi setiap tahunnya, Rumah Sakit Amalia Bontang menggelar seminar kesehatan yang membahas berbagai hal tentang kehamilan, persalinan, dan kontrasepsi. Berlangsung di Auditorium 3 Dimensi Pemkot Bontang, dengan pemateri dr. Fakhruzzabadi. Minggu, 5 Agustus 2018.

Direktur Rumah Sakit Amalia Yuniarti Arbain mengatakan, kegiatan ini juga upaya membantu Pemerintah Kota menekan angka kematian ibu dan bayi, dengan memberikan pemahaman bagi ibu hamil tentang berbagai persoalan selama proses mengandung, melahirkan, dan pasca melahirkan.

“Harapannya agar para ibu bisa memahami dengan baik setiap prosesnya dan melahirkan secara aman. Sehingga tingkat kematian ibu dan bayi dapat ditekan seminimal mungkin,” ujar Yuniarti.

Upaya lain yang rutin dilakukan Rumah Sakit Amalia sebagai edukasi bagi ibu hamil, dengan program senam ibu hamil yang bertujuan agar dapat menjaga kondisi otot dan persendian. Hal ini berperan dalam mekanisme persalinan, mempertinggi kesehatan fisik dan psikis, serta kepercayaan pada diri sendiri dan penolong dalam menghadapi persalinan. Serta membimbing wanita menuju persalinan yang fisiologis.

“Senam ibu hamil dilakukan setiap Sabtu dan dalam 6 bulan sekali kami juga membuka kelas besar bagi ibu hamil untuk mengukuti senam yang seluruhnya gratis tanpa biaya sepeser pun,” tambah Yuniarti.

Sementara Walikota Bontang Neni Moerniaeni yang hadir membuka seminar tersebut berharap, kegiatan ini dapat menjadi bekal para ibu untuk menjalani kehamilan secara baik, dan mampu melahirkan dengan selamat.

“Dan kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sejalan dengan upaya Pemerintah Kota dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Bontang,” kata Walikota Neni.

Pada materinya, dr. Fakhruzzabadi menyampaikan jika kehamilan, persalinan dan kontrasepsi merupakan salah satu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Dan hal ini diharap dapat menjadi perhatian para ibu hamil, untuk selalu menjaga kandungan dengan baik hingga melahirkan.(*)

 

Laporan; Faisal

Click to comment
To Top