LifeStyle

Tangki Bensin Sering Kosong, Motor Jadi Lebih Boros

Tips. Anda mungkin kerap kali membiarkan tangki bensin dalam keadaan terisi sedikit atau bahkan kosong, kondisi ini ternyata membawa dampak buruk bagi kendaraan anda, khususnya sepeda motor.

Pasalnya banyaknya ruang kosong dalam tangki yang berisi udara, berakibat buruk pada fisik dan kinerja motor ke depannya. Mulai dari munculnya persoalan kecil dan ringan yang merembet ke hal lainnya.

Dikutip dari berbagai sumber, beberapa efek buruknya adalah :

Menimbulkan korosi (berkarat)
Keadaan tangki yang berisi sedikit bensin ,membuat udara memenuhi rongga tangki dan mmpermudah terjadinya oksidasi yang berujung pada munculnya korosi atau noda karat.

Dalam jangka waktu yang lama dan terus berulang maka dinding tangki akan keropos kemudian bocor. Solusinya , usahakan mengisi bensin dalam keadaan penuh , hal ini juga membantu melepaskan karat dan menjaga keawetan fisik tangki.

Banyak sisa-sisa endapan bensin
Tangki bensin yang jarang terisi juga menimbulan endapan terutama zat timbal dalam bentuk serbuk kecil. Semakin banyak endapan, maka menyumbat saluran pada tangki, Jangan heran jika motor yang karang terisi penuh tangkinya sering mengalami mogok di jalan.

Menganggu fuel pump
Ini ada bagian yang menyalurkan bensin ke dalam mesin. Endapan dari tangki yang menumpuk menimbulkan sumbatan pula pada fuel pump, sehingga alirannya tidak lancar.

Menganggu sistem pengapian
Kalau fuel pump sudah terganggu fungsinya, berpengaruh pula pada sistem pengapian motor. Sistem pengapian, baik sistem karburator atau injeksi, menjadi tidak stabil.

Penggunaan bensin menjadi boros
Hal ini muncul saat semua keburukan tersebut telah terjadi, mulai dari sumbatan di saluran tangki sampai ke fuel pump. Pemicunya adalah bahan bakar menjadi tidak optimal pembakarannya.. Akibatnya akan banyak bensin yang digunakan demi memberikan tenaga yang diharapkan.

 

(berbagai sumber)

Editor : Kartika Anwar

Click to comment
To Top