Pendidikan

Tanamkan Jiwa Wirausaha Siswa, SMK Putra Bangsa Gelar Happy Day

Bontang. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Putra Bangsa Bontang gelar kegiatan Happy Day 2016, sebagai salah satu upaya menumbuhkan jiwa wirausaha siswa sejak dini.

Melalui happy day, SMK Putra Bangsa memberikan sarana pelatihan bagi siswa yang memiliki minat dalam dunia usaha perdagangan. Sekaligus bentuk nyata motto sekolah dengan sekira 500 siswa dari 5 jurusan ini, yakni entrepreneur school.

Dijelaskan Kepala SMK Putra Bangsa Jasman Jafar, kegiatan happy day telah berjalan dilingkungan sekolah selama tiga tahun terakhir. Rutin terlaksana satu minggu sekali, dengan puncak pada akhir semester.

“Jadi siswa tidak hanya belajar teoritis, tapi juga mengerti kondisi lapangan lewat praktek yang dikemas dalam bentuk kegiatan happy day ini,” ungkapnya.

Menurut Jasman, anak didik SMK Putra Bangsa sengaja diarahkan menjadi sosok entrepreneur, terlebih Bontang saat ini mengantongi angka pengangguran yang kian bertambah. Sehingga penyediaan lapangan pekerjaan dengan pencari kerja khususnya lulusan SMA atau SMK sangat tidak seimbang.

“Dari happy day inilah kami harap anak didik lulusan Putra Bangsa, dapat menjadi wirausaha yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri. Bahkan bagi orang lain,” tambahnya.

Happy day memberikan konsep akan kreatifitas siswa melalui produk yang dihasilkan. Tak hanya sekedar memproduksi dan menjual, para siswa turut diajarkan manajemen keuangan usaha yang dikelola. (*)

 

Laporan : Yuli & Nasrul