Parlemen Topik

Tak Lama Lagi, Retribusi Tenaga Kerja Asing Berlaku

Bontang. Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif Pemerintah Daerah tentang retribusi perpanjangan izin kerja tenaga kerja asing (TKA) akan segera diberlakukan. Hal itu menyusul pembahasan Raperda yang dinyatakan rampung oleh Komisi 1 Dprd Bontang.

Raperda yang akan disahkan menjadi produk hukum daerah ini, mengatur setia tenaga kerja asing yang berada di Bontang dan akan memperpanjang izin kerja, wajib membayar retribusi sebesar USD 100 yang dikonversi ke mata uang Rupiah per tahunnya. Termasuk permohonan perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing (IMTA) harus diajukan selambat – lambatnya 30 hari sebelum jangka waktu berlaku berakhir.

“ Raperda tersebut sudah mendapatkan persetujuan secara lisan dari seluruh anggota Dprd Kota Bontang untuk segera disahkan menjadi peraturan Daerah,” ujar Sulhan, Sekretaris Komisi 1 Dprd Bontang.

Menurut Sulhan, hasil retribusi nantinya akan digunakan untuk penertiban dokumen izin, pengawasan lapangan, penegakan hokum, penatausahaan, serta biaya dampak negatif dari perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing tersebut. Termasuk kegiatan pengembangan keahlian dan keterampilan tenaga kerja lokal.

“ Kita hanya tinggal menunggu pengesahannya saja melalui paripurna,” tambahnya. (*)

 

Laporan : Mansur

Editor : Maya Ch