Bessai Berinta

Tahun Ini Disdamkartan Tambah 3 Armada Baru

armada disdamkartan bontang (foto:yuli)
armada disdamkartan bontang (foto:yuli)

Bontang. Masih minimnya armada yang saat ini dimiliki, membuat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Berencana (Disdamkartan) menambah kendaraan operasional pada tahun ini.

Mengingat saat ini dinas pemadam kebakaran hanya memiliki empat unit armada. Bahkan satu diantaranya sedang mengalami kerusakan. Jumlah tersebut pun dianggap masih sangat minim.

Dikatakan Kepala Seksi Penyelamatan dan Investigasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Anas Taneng, tahun ini pihaknya akan mendapatkan 3 (Tiga) tambahan unit armada baru dengan kapasitas 3500 hingga 4000 liter. Tiga armada baru tersebut terdiri dari, satu unit untuk penyelamatan dan dua unit untuk fire fighter.

“Dengan tambahan armada baru ini, kami harap waktu penanganan ketika terjadi insiden dapat lebih cepat,” kata Anas.

Sebelumnya, Disdamkartan memiliki 11 mobil operasional. Namun, tujuh kendaraan sudah tak layak mengingat usia kendaraan telah uzur. 

“Idealnya untuk 10 ribu penduduk, membutuhkan satu unit armada pemadam kebakaran. Jadi jika dikalkulasi dengan 170 ribu lebih penduduk, maka selayaknya pemerintah memiliki 17 armada,” tambah Anas. (*)

 

 

Laporan: Yulianti Basri

 

 

Click to comment
To Top