LifeStyle

Tahukah Anda Cara Menghitung Kebutuhan Air Dalam Tubuh?

Health. Air merupakan sumber kehidupan, Karena hampir 90% tubuh manusia terdiri dari unsur air ,sehingga jika kekurangan air dapat berdampak fatal bagi lesehatan tubuh bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sayangnya tidak ada standar yang pasti untuk menyebutkan kebutuhan air dalam tubuh manusia, pasalnya setiap manusia membutuhkan pasokan cairan yang berbeda – beda.

Cara mudahnya, kita kerap menggunakan standar umum yang menyebutkan kebutuhan air bagi tubuh manusia adalah 8 gelas setara dengan 2 liter perhari. Tanpa mencari tahu formulasi perhitungan yang tepat untuk mengetahui berapa angka pasti air putih yang sebaiknya kita minum.
Bagi anda yang belum mengetahuinya, mari kita berhitung bersama. Banyak faktor yang mempengaruhi jumlah kebutuhan cairan dalam tubuh manusia, diantaranya usia, berat badan, jenis kelamin, aktivitas, suhu tubuh, lingkungan, penyakit bahkan status sebagai ibu hamil dan menyusui yang juga sangat berpengaruh.

Beberapa cara untuk dapat mengetahui jumlah cairan yang diperlukan tubuh dalam keadaan normal setiap harinya.
Dikutip dari buku berjudul “Pedoman Kebutuhan Cairan Bagi Pekerja Agar Tetap Sehat dan Produktif” yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi Indonesia (PERDOKI), ada dua cara menghitung kebutuhan cairan tubuh, yaitu dengan mengetahui kebutuhan energi maupun dengan menggunakan berat badan.

Perbandingan kalori energi dengan kebutuhan cairan yakni 1 : 1 , artinya jika dalam sehari tubuh kita memiliki kebutuhan energy sebesar 1 kilokalori (kkal) maka di perlukan 1 mililiter (mL). Misalnya saja dalam sehari tubuh seseorang memerlukan 1800 kkal setara dengan memerlukan pasokan air sebanyak 1800 mL atau 1.8 liter air.

Jika ditinjau dari berat badan, rumus yang digunakan sebagai berikut. Untuk 10 kilogram pertama berat badan butuh 1 liter air, 10 kilogram kedua membutuhkan 500 militer air, sisanya untuk setiap kilogram berat badan memerlukan 20 mililiter air.

Jadi apabila seorang memiliki berat badan 60 kilogram, 10 kilogram pertama ia harus menyediakan 1 liter air, 10 gram kedua, 500 mL air, sementara 40 kilogram lainnya membutuhkan 800 mL air.

Jadi kebutuhan air secara keseluruhan untuk orang dengan berat badan 60 kilogram adalah 2,3 liter per hari.(*)

(Berbagai Sumber)
Editor : Kartika Anwar

Click to comment
To Top