LifeStyle Tips

Sulit Tidur? Coba Tips Ini Agar Istirahat Anda Lebih Nyaman

Tips. Sulit tidur atau insomnia masih sering di alami masyarakat dalam keseharian. Akibatnya, istirahat menjadi tidak proporsional jika dibandingkan dengan aktivitas. Belum lagi jika tidur rasanya tidak berkualitas ketika bangun di pagi hari.

Dari sisi kesehatan, menunjukkan akibat pola tidur yang buruk dapat mengakibatkan berat badan bertambah, serangan jantung, dan peningkatan potensi serangan stroke.

Namun demikian, permasalahan insomnia ini dapat diatasi jika rutin menjalani pola hidup sehat. Disamping sejumlah tips kami kali ini. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan mengatasi permasalahan susah tidur (insomnia).

1. Meditasi
Ketika sudah duduk atau berbaring di tempat tidur, letakkan tangan anda di atas perut. Bernapas dengan perlahan dan teratur.
Gerakkan tangan anda naik-turun, fokus pada gerakan dan napas, serta hilangkan pikiran selain untuk tubuh anda.
Langkah ringan meditasi dan teknik pernapasan yang baik akan menciptakan lingkungan yang menenangkan.

2. Konsumsi Protein Rendah Lemak atau Mengandung Magnesium Tinggi

Asam amino yang disebut trytopha yang terkandung pada protein rendah lemak dapat meningkatkan kadar serotonin, yakni hormon yang mempengaruhi mood agar terjauh dari depresi. Jika makanan protein in idikonsumsi, niscaya dapat menjadikan pikiran tenang, dan tidur pun senang.

3. Kencangkan Otot Anda
Beberapa orang mungkin terbiasa melakukan ini sebelum tidur. Perlahan kencangkan otot-otot anda untuk beberapa detik dan ambil sikap rileks. Pengencangan otot ini dapat anda mulai dari menggerakkan jari tangan dan kaki.

4. Minum Teh Hangat
Coba variasi produk teh herbal yang mengandung akar valerian dan chamomile. Kedua tanaman obat ini dapat menstimulasi saraf otak agar lebih tenang.

5.Hindarkan Gadget Dari Ranjang Anda
Ini bisa jadi masalah terbesar, notifikasi dari aplikasi sosial media bisa membangunkanmu di tengah malam. Belum lagi jika terlena dengan produk game online paling marak belakangan ini. Usahakan Charge smartphone-mu di luar kamar tidur.

Mudah-mudahan tips ringan di atas dapat membantu anda malam ini. Dan bida mengantarkan anda dalam istirahat dan tidur yang nyenyak.

(Berbagai Sumber)

 

Editor : Revo Adi M