Pendidikan

SMP YPK Kenalkan Beragam Ekskul Pada Siswa Baru

Pengenalan Ekskul SMP YPK (Foto: Mansur)
Pengenalan Ekskul SMP YPK (Foto: Mansur)

Bontang. SMP Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) menggelar demo kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) di halaman sekolah, dengan menampilkan 32 jenis ekskul. Mulai club baca kitab, club nasyid, solo gitar, pramuka, basket, karate, tari tradisional, musik tradiasional, fotogarafi dan computer, serta berbagai kegiatan lainnya. Jumat pagi, 27 Juli 2018.

Dijelaskan Kepala SMP YPK Sinto, demo ekskul ini menjadi agenda rutin sekolah, dengan harapan memberikan gambaran kepada seluruh siswa khususnya siswa baru, tentang ragam ekskul yang ada di SMP YPK. Dan para siswa bisa menentukan pilihan ekskul yang akan dikuti.

“Kegiatan ini juga menjadi sarana ekspresi diri siswa, dengan menunjukan kepada siswa baru berbagai prestasi yang telah dicapai peserta ekskul di SMP YPK,” katanya.

Ditambahkan Sinto, tahun ini SMP YPK menambah satu kegiatan ekskul, yakni olahraga panahan. dilaksanakan di lapangan tembak GOR Pupuk Kaltim. Dengan total ekskul yang dimiliki menjadi 33 club.

“Para siswa diwajibkan memilih maksimal 2 kegiatan ekskul, dan semua kegiatan 99 persen gratis. Karena dibiayai dana bantuan operasional sekolah,” tambahnya.

Melalui ekskul, banyak perlombaan yang telah dijuarai SMP YPK. Oleh karena itu, Sinto berharap kepada siswa agar dapat memanfaatkan ekskul dengan baik, sebagai wadah bakat siswa yang bisa diaplikasikan pada berbagai perlombaan.

Salah satu ekskul yang mengangkat nama SMP YPK yakni Kepramukaan, dengan sejumlah prestasi yang berhasil diukir.

Kegiatan yang pernah dikuti diantaranya Kemah Budaya Nasional di SOLO tahun 2014, jambore daerah di Berau tahun 2016, jambore cabang Bontang 2016, dan jamboree Nasional di Jakarta tahun 2016.
Sedangkan untuk prestasi yang dicapai, menjadi juara umum Dewantara Scout Competition Samarinda, juara umum Bontang Scout Competition kategori putra, juara satu lomba tingkat 2 putra, juara 2 lomba tingkat dua putri, dan juara 2 lomba tingkat 3 putra.

Dan tahun ini, pramuka SMP YPK memiliki 16 penggalang garuda, dan tengah mempersiapkan diri menghadapi kemah budaya di Sulawesi Tengah yang akan diikuti 3 putra dan 3 putri. Berada dibawah pembinaan 3 guru pembimbing.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top