Berita Kota

Siapkan Mental Siswa Baru, SMP YPK Gelar PLS

para siswa baru SMP YPK ikuti PLS untuk mendapatkan motivasi agar lebih siap mental dan fisik dalam menghadapi suasana belajar yang baru (foto: mansyur/pktv)

Bontang. Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kota Bontang  pada Selasa (9/7/2019), serentak melaksanakan  Kegiatan Pengenalan  Lingkungan Sekolah (PLS)  bagi para siswa didik baru tahun ajaran 2019-2020. Tujuan dari PLS tersebut adalah untuk memberikan motivasi pada siswa baru agar lebih siap mental dan fisik dalam menghadapi suasana belajar yang baru.

Untuk di SMP Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), kegiatan  PLS secara resmi dibuka oleh Pengurus YPK Tathit Surya Arjanggi, yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta  dalam upacara yang dilaksanakan dihalaman SMP YPK. Dalam amananhnya sebagai Pembina Upacara pada kegiatan tersebut, Tathit menyampaikan bahwa PLS tersebut dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa baru memperdalam wawasan keimanan, kepekaaan, karakter, dan disiplin diri.

“Selain itu juga memberi bekal pengetahuan yang cukup dalam hal kesiswaan, kurikulum, dan sarana prasarana yang ada disekolah. Serta memberikan motivasi pada siswa baru agar lebih siap mental dan fisik dalam menghadpi suasana belajar yang baru,” jelasnya.

Susi Sintia Jati yang merupakan Ketua Panitia PLS di SMP YPK mengatakan, selama PLS yang akan berlangsung hingga Jumat (12/7/2019) tersebut, berbagai materi akan diberikan yang diantaranya adalah tentang UU Lalu Lintas, bahaya narkoba, kesehatan remaja, etika pergaulan, motivasi belajar, dan peraturan baris-berbaris.

Hal senada juga dikatakan Waka Kesiswaan SMP YPK, Perma Bakti. Menurutnya PLS yang sebelumnya bernama masa orentasi siswa baru tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan SMP YPK setiap tahunnya, dimana panduanya sudah diatur oleh pemerintah pusat.

Pada tahun ajaran 2019-2020, jumlah murid baru di SMP YPK mencapai 121 peserta didik baru.

Laporan: Mansyur

 

Click to comment
To Top