10 Program CSR Pupuk Kaltim (Mansur)
Corporate

Siapkan 1,34 Miliar, Pupuk Kaltim Launching 10 Program CSR Tahun 2017

Bontang. PT Pupuk Kalimantan Timur meresmikan sepuluh program Corporate Social Responsbility (CSR) tahun 2017 di Kelurahan Guntung, Selasa pagi, 11 Juli 2017.

Sepuluh program CSR tersebut meliputi, Pembangunan Rumah Kreatif 3R, Penanaman Barier Industri, Pembangunan Posyandu, Pembangunan serta Fasilitasi Paud Nice Kids, Pembangunan Gapura Adat Guntung, Pembuatan Peta CSR Pupuk Kaltim, Bantuan Motor Pintar, Pembangunan Cafe Jamu Toga (Tanaman obat keluarga), Pembangunan Taman Penghijauan dan Pembangunan Sekertariat Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mekar Sari.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Bakir Pasaman dalam sambutannya menerangkan bahwa program CSR Pupuk Kaltim merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung masyarakat Guntung menjadi masyarakat yang lebih maju dan mandiri.

“Dengan total bantuan CSR senilai Rp1,34 M. Bantuan CSR ini dilandasi kebijakan strategis yang terpadu dan sinergis,” kata Bakir

Di masa mendatang, CSR Pupuk Kaltim diharapkan dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi pengembangan dan kemajuan Kelurahan Guntung melalui pengembangan home industry, kelompok industri pengolahan pangan, sentra industri ekonomi kreatif dan inovasi kreatif.

Dengan adanya bantuan-bantuan CSR dari Pupuk Kaltim, diharapkan usaha-usaha yang dilakukan masyarakat Guntung dapat berkembang dan kualitas yang dihasilkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta perekonomian daerah.

Bakir menjelaskan program CSR Pupuk Kaltim sejatinya harus memberikan value-added atau nilai tambah. Bukan hanya masyarakat sekitar perusahaan namun juga karyawan Pupuk Kaltim bahkan seluruh warga Bontang mendapat dampak baiknya.

Di negara maju, CSR sudah berubah menjadi Creating Shared Value (CSV), lanjut Bakir, artinya semua bantuan yang dikelurakan perusahaan memiliki nilai tambah bagi penerimanya dengan pengelolaan yang tepat.

“Misalnya pengembangan Apotek hidup. Hasil dari tanaman bisa dijual melalui Kopkar Pupuk Kaltim sehingga dapat memberi penghasilan tambahan,” kata Bakir.

Bakir melanjutkan, Itulah yang dimaksud CSV, masyarakat serta karyawan Pupuk Kaltim sama-sama mendapat manfaat. Sehingga program CSR dapat terus dikembangkan.

“Terimakasih kepada Pemkot Bontang juga dukungan penuh masyarakat Guntung terhadap kami. Kami mohon dukungan ini terus diberikan,” ujar Bakir

Bakir menerangkan Pupuk Kaltim akan terus membangun proyek. Karena tanpa adanya proyek, menurut Bakir perusahaan akan mati.

Disebelah utara Kelurahan Guntung, Pupuk Kaltim berencana melakukan pengembangan proyek di wilayah tersebut. Bakir pun memohon kepada warga sekitar untuk memberikan dukungan agar rencana ini tercapai.

“Karena tidak ada lahan lagi, kami sudah tidak memiliki lahan lagi. Saya yakin kalau kami membangun proyek tentunya ada manfaat bagi warga sekitar,” ujarnya.

Diakhir sambutan, Bakir berharap agar kerjasama yang sudah berjalan baik antara Pupuk Kaltim dengan masyarakat Bufferzone perlu kita bina terus menerus.

“Kami akan berusaha membangun lahan yang hijau, yang baik serta tidak mengganggu aktifitas penduduk sekitar,” tutupnya.

Acara tersebut juga dihadiri Komisaris Utama, Jajaran Komisaris, Seluruh Direksi, General Manager, Jajaran Manajemen PT Pupuk Kalimantan Timur, Perangkat Kelurahan Guntung, serta organisasi masyarakat yang berada di wilayah bufferzone.

Lurah Guntung, Ida Idris menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada PT Pupuk Kalimantan Timur atas bantuan yang diberikan kepada warganya.

“Terima kasih Pupuk Kaltim dan seluruh Direksi yang telah lama kami tunggu. Akhirnya hadir ditngah kami sehingga bantuan CSR ini dapat terselenggara,” ucap Ida

Memiliki luas wilayah sekitar 849 hektare, Kelurahan Guntung dihuni sebanyak 8.350 jiwa dengan 323 Kepala Keluarga (KK). “Guntung juga menjadi Kelurahan yang kental dengan budaya Kutainya,” imbuh Lurah yang baru menjabat enam bulan lalu.

Ida berharap, bantuan yang diberikan Pupuk Kaltim dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan warganya. Selain itu, ia pun berharap agar program CSR yang sudah diberikan Pupuk Kaltim terus berlanjut sehingga dapat mengembangkan potensi Guntung.

“Semoga Pupuk Kaltim dapat terus berjaya sehingga lebih banyak lagi bantuan yang bermanfaat bagi warga Kota Bontang khususnya Kelurahan Guntung,” harap ida.(*)

 

Laporan: Humas Pupuk Kaltim