Kepala BPBD Bontang Ahmad Yani (Foto: Nasrul)
Pemerintah

Setahun Terakhir, Kasus Kebakaran di Bontang Turun

Bontang. Sepanjang 2017 lalu, jumlah kasus kebakaran di Kota Bontang tercatat mengalami penurunan yang cukup drastis, dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang, kasus kebakaran pada 2017 hanya ada enam kejadian. Berbanding terbalik dengan kasus kebakaran dalam kurun waktu 2014 hingga 2016 yang mencapai 23 hingga 27 kejadian.

“Turunnya angka kebakaran ini tak terlepas dari tingginya kesadaran masyarakat terhadap bencana di Kota Bontang,” kata Kepala BPBD Bontang Ahmad Yani.

Kebakaran yang terjadi selama 2017 pun kata dia, mayoritas disebabkan korsleting listrik atau hubungan arus pendek, dari rumah masyarakat yang dinilai masih mengabaikan perbaikan intalasi listrik secara benar.

“Maka dari itu kami imbau masyarakat untuk benar-benar memperhatikan keamanan dan perbaikan instalasi listrik di rumah, agar tidak terjadi korsleting yang berpotensi menyebabkan kebakaran,” tambahnya.

Selain mulai tingginya kesadaran masyarakat, turunnya kasus kebakaran pun diklaim BPBD sebagai buah dari rutinnya sosialisasi pencegahan dan penanganan dini kebakaran, yang digelar berkelanjutan kepada warga. Dalam satu bulan, rata-rata sosialisasi gencar terlaksana mulai lingkungan RT hingga tempat keramaian dan sekolah. (*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

  • 19
    Shares