Berita Kota

Setahun Rusak, Sumur Depp Weel 2 PDAM Kembali Berfungsi

Pengoperasian kembali sumur Deep Well 2 Kanaan oleh PDAM Bontang (Foto: nasrul)
Pengoperasian kembali sumur Deep Well 2 Kanaan oleh PDAM Bontang (Foto: nasrul)

Bontang. Kerusakan yang terjadi di beberapa sumur, membuat PDAM Tirta Taman bekerja lebih ekstra dalam memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Bontang. Setelah sebelumnya memanfaatkan air limbah yang kembali diolah menjadi air bersih, kini PDAM Tirta Taman selesaikan perbaikan sumur Deep Well (DW) 2 Kanaan untuk segera difungsikan.

“Rusaknya empat sumur PDAM tahun 2018 lalu berimbas pada menurunnya kapasitas produksi hingga 120 liter per detik, khususnya untuk sumber air baku. Dan tahun ini akan kembali difungsikan setelah seluruh perbaikan selesai,” ujar Direktur PDAM Tirta Taman Suramin, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurut Suramin, berkat dukungan semua pihak, khususnya Pemerintah dan DPRD Bontang, pihaknya mampu merealisasikan pembangunan satu sumur tambahan DW 2 Kanaan, melalui APBD Perubahan tahun 2018.

Baca Juga: Tahun Ini Ada 3 Sumur Baru Dibangun PDAM Tirta Taman

Saat ini proses pembangunan memasuki pumping test dan commissioning, dengan masa pengerjaan sejak November 2018 lalu.

“Pekan ini pasokan air baku baru dari sumur DW 2 kanaan akan masuk ke sistem WTP Bhayangkara, untuk diolah dan didistribusikan ke pelanggan. Kapasitasnya 40 liter per detik,” tambah Suramin.

Sebelumnya, sumur DW 2 Kanaan yang berproduksi sejak 2002 lalu mengalami kerusakan konstruksi, disebabkan kandungan air baku yang sangat ekstrim. Sumur tersebut salah satu sumber pasokan air baku WTP Bhayangkara, untuk mengakomodir sekira 4.000 pelanggan. (*)

Laporan: Yulianti Basri

Click to comment
To Top