Pendidikan

Serunya Field Trip SD 2 YPK di Kelompok Tani Ulam Sari

para siswa SD YPK belajar sambil bermain di Kelompok Tani Ulam Sari (Foto: Mansur)
para siswa SD YPK belajar sambil bermain di Kelompok Tani Ulam Sari (Foto: Mansur)

Bontang. Kelompok Tani Ulam Sari binaan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang, sekaligus bagian CSR PT Kaltim Industrial Estate (KIE) di RT 13 Kelurahan Guntung Bontang Utara, menerima kunjungan siswa kelas 1B SD 2 Yayasan Pupuk Kaltim (YPK), dalam rangka studi lapangan sekaligus pengenalan berbagai jenis tanaman dan ikan yang dikelola kelompok tani tersebut. Jumat, 6 Appril 2018.

Dikatakan Mariana, salah satu guru pendamping SD 2 YPK, melalui kegiatan ini siswa dapat mengetahui secara langsung pengelolaan budidaya ikan, agar pembelajaran teori yang selama ini diberikan di sekolah, bisa dipahami dengan baik oleh siswa.

“Dengan metode ini siswa bisa melihat langsung budidaya ikan, agar lebih memahami tata cara pengelolaannya dengan baik. Sehingga segala teori yang selam ini didapat, bisa dipahami dengan benar,” ujarnya.

Pengenalan berbagai jenis ikan dan tanaman dipandu Penyuluh Perikanan DKPPP Bontang, yang menyambut baik serta mendukung metode pembelajaran seperti ini.

Salah satu penyuluh DKPPP Bontang Evi Sulistyawati, kegiatan ini sejalan dengan program Bontang Cerdas yang dicanangkan pemerintah kota, dalam upaya memberikan pemahaman langsung ke lapangan dari teori yang didapat di bangku sekolah.

“Ini bukan pertama kalinya, dari tahun sebelumnya juga sering didatangi berbagai sekolah. Karena kami selalu terbuka untuk lembaga pendidikan maupun masyarakat, yang ingin mengagendakan kegiatan seperti SD 2 YPK ini,” paparnya.

Kegiatan belajar yang dikemas melalui Field Trip ini, makin seru dengan kegiatan obok-obok ikan dikolam yang diikuti antusias oleh puluhan siswa. Mereka tampak asik menangkap ikan dalam kolam, dan menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top