Pemerintah

Selama Libur Lebaran, Ada 31 Ribu Lebih Wisatawan ke Bontang

Ikon wisata Bontang, Pulau Beras Basah
Ikon wisata Bontang, Pulau Beras Basah

Bontang. Selama libur lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, sejumlah destinasi wisata Kota Bontang ternyata sangat diminati wisatawan, baik lokal dan luar daerah, hingga mancanegara.

Berdasarkan catatan Dinas Pemuda Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Bontang, pada rentang waktu tersebut jumlah wisatawan mencapai 31.844 orang. Dan tersebar di berbagai lokasi.

Diantaranya Taman Graha Wisata Manggrove di kawasan Bukit Sekatup Damai, yang tercatat memiliki rekor pengunjung tertinggi mencapai 14.100 orang.

Selanjutnya wisata Lembah Asri di Kilometer 3 dengan 6.500 pengunjung, disusul Lembah Hijau di Bontang Lestari 3.500 pengunjung. Terakhir, kawasan wisata Beras Basah sebanyak 3.034 pengunjung.

“Pengunjung didominasi wisatawan lokal dan luar daerah. Rata-rata dari Kabupaten/Kota lain di Kaltim. Dan wisatawan asing hanya beberapa saja,” ujar Kepala Disporapar Bontang Bambang Cipto Mulyono, saat ditemui beberapa waktu lalu. 

Lonjakan wisatawan ini pun kata dia, turut berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya melalui transaksi keuangan yang terjadi di masa liburan. Mulai jual beli makanan, penggunaan transportasi umum, serta jasa pariwisata dan perhotelan.

“Kami berharap jumlah pengunjung bisa lebih meningkat. Pemerintah akan terus berinovasi dan mempercantik seluruh destinasi wisata di Bontang,” tambah Bambang.

Khusus tahun ini, ada 2 perbaikan destinasi wisata yang akan dilakukan. Diantaranya pembangunan jembatan dan pemasangan papan nama di Beras Basah, serta penimbunan lapangan obyek wisata mangrove Berbas Pantai.

“Nantinya disitu (Mangrove Berbas Pantai) akan dibangun pagar dan gapura, untuk menambah daya tarik wisatawan,” pungkasnya.(*)

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.