Sidak Komisi 3 DPRD di RT 17 Gunung Elai (Foto: Aris)
Parlemen Topik

Selalu Banjir, DPRD Tinjau Kondisi RT 19 Gunung Elai

Bontang. Pasca banjir beberapa waktu lalu, Komisi 3 DPRD Kota Bontang gelar inspeksi mendadak (sidak) ke RT 19 Kelurahan Gunung Elai Kecamatan Bontang Utara, guna melihat langsung kondisi wilayah tersebut. Senin, 27 November 2017.

Wilayah ini mendapat perhatian khusus DPRD, mengingat tinggi air saat banjir lalu mencapai leher orang dewasa dan selalu terendam setiap hujan mengguyur.

Bahkan jika hujan terbilang deras, menurut Ketua RT 19 Gunung Elai Dera Gervasius, genangan air di beberapa kawasan langsung tinggi. Apalagi saat sungai Bontang yang melintasi wilayah itu meluap. Maka dipastikan banjir akan merendam seluruh kawasan tersebut.

“Karena lokasi RT 19 ini dikelilingi rawa-rawa, dan dekat dengan tempat pembuangan air perusahaan. Makanya kalau hujan saja pasti langsung terendam,” ujar Dera.

Sementara dari hasil sidak yang dilakukan, Komisi 3 DPRD menyimpulkan jika kondisi drainase yang tersumbat serta datarnya level drainase, membuat air hujan menggenang dan tidak bergerak. Sehingga saat hujan turun, RT 19 pun akan langsung terendam.

“Selain juga minimnya infastruktur penunjang jalan dan pengendalian banjir, menjadi faktor penyebab genangan banjir sangat parah,” kata Ketua Komisi 3 Rustam.

Baca Juga: Pemkot Diminta Segera Perbaiki Jalan Dan Drainase RT 19 Gunung Elai

Rencananya, persoalan banjir di RT 19 Gunung Elai akan dibawa dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) hingga tingkat kota untuk diprioritaskan, agar mampu menekan banjir di wilayah tersebut.(*)

 

Laporan: Sary | Aris

  • 40
    Shares