Pemerintah

Satu Hari, Bontang Hasilkan 94 Ton Sampah

Tumpukan sampah di median jalan Bontang (dok Pktv)

Bontang. Berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang, dalam satu hari jumlah sampah di Kota Taman mencapai 94 ton, berasal dari sampah rumah tangga, perkantoran, hingga pasar.

Dijelaskan Kepala DLH Bontang Agus Amir, dengan total tersebut, tingkat pelayanan pengangkutan sampah pun setiap harinya dimaksimalkan hingga 90 persen. Atau sekitar 70 ton terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Hal itu didasari upaya pengurangan sampah dengan menerapkan tempat pengolahan sementara (TPS) 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) yang berada di Bontang Kuala, Satimpo, dan Kanaan.

“Jadi sebelum diangkut ke TPA, terlebih dulu dipilah di TPS 3R, agar sampah yang masih bernilai guna tak ikut diangkut dan dibuang,” ungkapnya.

Disamping itu, pengurangan jumlah sampah yang terangkut setiap hari melalui TPS 3R, kata Agus Amir, juga untuk memperpanjang usia TPA Bontang Lestari yang menggunakan sistem Sanitary Landfill. Dimana TPA yang beroperasi sejak 2008 tersebut diprediksi hanya mampu bertahan selama 20 tahun, hingga 2028 mendatang.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Peduli, DLH Bontang Gaungkan Gerakan 3 Bulan Bebas Sampah

Melalui pengurangan jumlah sampah yang masuk, diprediksi bisa memperpanjang usia TPA selama 10 tahun. Selain juga menjadi salah satu parameter penilaian Adipura.

“Makanya sangat penting untuk mengedukasi masyarakat terkait penanggulangan sampah di Kota Bontang, menuju Indonesia Bebas Sampah tahun 2025,” tandasnya. (*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

  • 11
    Shares
Click to comment
To Top