Berita Kota

Rumah Warga Di Atas Sungai Guntung Akan Direlokasi

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menjelaskan rencana relokasi rumah warga yang berada di atas sungai (foto: yuli/pktv)

Bontang. Permasalahan banjir yang melanda kota Bontang yang menjadi sorotan masyarakat akhir-akhir ini ditanggapi oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni dengan sejumlah langkah yang telah dikoordinasikan bersama Organiasai Perangkat Daerah (OPD) terkait. Salah satunya yaitu rencana merelokasi warga yang bermukim di atas sungai Guntung, Kecamatan Bontang Utara.

Hal tersebut dilakukan lantaran menurut Neni bangunan rumah yang berada diatas sungai menjadi salah satu penyebab banjir. Di mana dengan keberadaan rumah-rumah tersebut aliran sungai menjadi terhambat,  karena tidak bisa menampung debit air yang besar.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang juga akan melakukan pembangungan lanjutan turap di sepanjang sungai Guntung. Neni menambahkan bahwa Pemkot akan berupaya menangani banjir untuk wilayah yang bisa ditangani dengan segera.

“Kami telah berkoordinasi dengan PLN dan PDAM untuk tidak memberikan listrik dan air pada rumah warga yang berada di atas maupun di bibir sungai,” tegasnya.

KONDISI SALAH SATU SUDUT KOTA BONTANG KETIKA BANJIR MELANDA (FOTO: YULI/PKTV)

Sejumlah upaya tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini, karena jika menunggu Bendungan Kenadali (Bendali) yang dibangun di Suka Rahmat, maka akan membutuhkan proses tunggu yang cukup panjang dengan waktu yang lama, meski rekomendasi telah diajukan sejak tahun 2005 silam, hal tersebut bisa terjadi lantaran masih terkendala pembebasan lahan.

Adapun untuk menanggulangi banjir di kota Bontang, Pemkot juga telah membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Banjir.

Laporan: Yuli

Click to comment
To Top