Corporate

Rumah Toga Enggang Herbal Binaan PKT Jadi Sarana Edukasi Siswa

Puluhan siswa SMPN 2 Bontang diajak berkeliling Romah Toga sambil dikenalkan berbagai tumbuhan herbal (Foto: Mansur)

Bontang. Rumah Tanaman Obat Keluarga (toga) Enggang Herbal binaan PT Pupuk Kaltim, di Kelurahan Guntung Kecamatan Bontang Utara, kembali jadi sarana edukasi dan pendidikan bagi siswa. Salah satunya SMP Negeri 2 Bontang yang berkunjung pada Rabu pagi, 14 Maret 2018.

Kedatangan 50 siswa dari kelas 7 dan 8, disambut hangat perwakilan manajemen Pupuk Kaltim, serta pengelola rumah toga.

Dipandu pendamping rumah toga, seluruh siswa dan guru diajak berkeliling melihat berbagai jenis tanaman obat. Sekaligus mengetahui khasit dan manfaatnya tiap tanaman bagi kesehatan.

Diungkapkan Guru pendamping SMP Negeri 2 Muhammad Arif, kegiatan ini merupakan salah satu metode pembelajaran siswa, terkait ilmu bina lingkungan, khususnya tentang tanaman dan herbal.

Hasil kunjungan ini akan pun akan menjadi rujukan siswa, untuk bisa diaplikaskan di sekolah, khususnya jenis tanaman herbal. Mengingat siswa yang ikut serta dalam kunjungan ini, merupakan anggota satuan tugas pengelolaan lingkungan di SMP Negeri 2.

“Satuan tugas terdiri dari satgas taman, satgas kebun sayur, dan satgas green house. Makanya kami berkunjungan yang sekaligus menjadi sarana belajar siswa,” ujarnya.

Sementara staf Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kaltim, Bela Indi Sulistyo, yang menyambut kedatangan puluhan siswa, menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap kunjungan ini dapat memberi manfaat bagi guru dan siswa, khususnya terkait tanaman obat dari kearifan lokal.

“Melalui CSR Pupuk Kaltim, rumah toga ini sudah memiliki 150 jenis tanaman obat dengan berbagai khasiat,” kata Bela Indi.

Sebelumnya, berbagai lembaga pendidikan dan organisasi juga melakukan kunjungan dan belajar di rumah toga Enggang Herbal. Hal ini menjadi motivasi bagi Pupuk Kaltim, untuk terus berinovasi terhadap kearifan lokal yang dapat memberdayakan masyarakat. (*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top