Kaltim

Refleksi Akhir Tahun KPMKT Jakarta, Reposisi Pemuda Kaltim Menuju 2017

Jakarta. Menyambut pergantian tahun 2017, Keluarga Pelajar Mahasiswa Kalimantan Timur (KPMKT) Cabang Jakarta menggelar kegiatan Refleksi Akhir Tahun, sebagai ajang untuk muhasabah diri.

Bertempat di asrama mahasiswa Kalimantan Timur, sekitar 60 mahasiswa/i asal Kaltim mengikuti dialog dengan tema “Reposisi Pemuda Kalimantan Timur Menuju 2017 Berkualitas”.

Diungkapkan Ketua Panitia Kegiatan Rizaldi, dialog ini salah satu wujud dari tema yang diangkat. Mengakhiri perjalanan tahun 2016, dan menyambut 2017 dengan hal-hal yang positif.

“Semoga kegiatan seperti ini mampu menjadi contoh bagi pemuda-pemudi yang ada di Kalimantan Timur, maupun yang berada diluar daerah,” ungkapnya.

Sementara Ketua KPMKT Jakarta Sulthan, mengatakan, melihat kondisi pemuda saat ini, banyak kalangan mengaku pesimis. Hal tersebut merujuk pada generasi pemuda yang bisa dikatakan kurang produktif akan karya, kurang kritis, serta kurang mampu menampilkan diri sebagai agent of change. Padahal, pemuda kata dia, merupakan kunci perubahan untuk keberlanjutan suatu daerah dan bangsa.

“Hal ini harus kita pikirkan sebagai koreksi terhadap diri sendiri sebagai pemuda, dan tentunya menjadi koreksi berbagai pihak termasuk pemerintah. Disisi mana menempatkan pemuda dalam skala prioritas pembangunan. Jangan berbicara soal masa depan kalau pemerintah tidak memperhatikan pemudanya”, ujarnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan silaturrahmi dan ramah tamah dalam menyambut detik pergantian tahun. Keakraban pemuda pemudi asal Bumi Etam ini, tampak begitu menyatu saat makan bersama yang dilanjutkan dengan acara jagung bakar, sebagai menu wajib malam tahun baru. (*)

Laporan : KPMKT Jakarta

Click to comment
To Top