Corporate

RAT Tahun Buku 2017, Kopkar PKT Capai SHU 5,273 Miliar

RAT Tahun Buku 2017 Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim (Foto: Mansur)
RAT Tahun Buku 2017 Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim (Foto: Mansur)

Bontang. Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan agenda rutin Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim (Kopkar PKT), dalam rangka mendengarkan laporan pengurus dan pengawas tahun buku 2017. Berlangsung di Gedung Wijaya Kusuma Kantor Pusat Pupuk Kaltim, Senin 14 Mei 2018.

General Manager Umum Pupuk Kaltim Nursahid, mewakili penasihat Kopkar PKT saat membuka RAT menyampaikan dengan rapat rutin ini diharap pengurus dan anggota dapat terus mencari strategi dan langkah konkret kedepanya. Sehingga koperasi karyawan dapat mengembangkan usaha dan kesejahteraan anggota bisa berkembang.

“Gali berbagai peluang yang bisa dilakukan, sekaligus upaya pengembangan Koperasi kedepannya,” ujarnya.

RAT diawali pengesahan tata tertib rapat, pemilihan pimpinan rapat, pengesahan quorum, dan laporan pertanggungjawaban pengurus tahun buku 2017. Dilanjutkan laporan hasil pemeriksaan pengawas, pandangan umum anggota koperasi, serta pengesahan.

“Tahun ini Kopkar PKT mendapatkan laba atau Sisa Hasil Usaha (SHU) bersih setelah pajak sebesar Rp5,273 Miliar,” terang Ketua Umum Kopkar PKT Budi Wahju Soesilo dalam laporannya.

Sementara hasil laporan tim pengawas, dibacakan Dwi Pudyasmoro, terkait laporan pengurus kegiatan buku 2017, terdapat 7 poin yang perlu menjadi perhatian pengrus kedepan. Salah satunya, pembenahan dan penambahan fasilitas di pujasera koperasi.

“Namun begitu kami tetap memberikan apresiasi atas kinerja pengurus sepanjang 2017. Meski kondisi perekonomian Bontang sedang turun, namun Kopkar PKT mampu meraih laba yang cukup besar,” ungkapnya.

Dari total SHU, secara rinci pembagian yang disepakati diantaranya cadangan modal sebesar 25 persen, pembagian ke 3.217 anggota 61 persen, jasa pengurus 5 persen, dana pendidikan 4 persen, dana sosial 2,5 persen, serta dana pembangunan daerah kerja 2,5 persen. 

Budi Wahju Soesilo Kembali Pimpin Kopkar PKT Periode 2018-2020

Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Bontang Yusran, melantik  pengurus dan pengawas Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim (Kopkar PKT) periode 2018-2020.

Pelantikan dilakukan melalui agenda RAT ke-33, sebelum laporan pengurus dan pengawas periode  2015-2017.

Posisi Ketua Umum Koperasi masih dipegang Budi Wahju Soesilo, dan Ketua Dewan Pengawas  diamanahkan ke Doni Setiawan.

Budi Wahju Soesilo pun menyampaikan terimakasih atas kepercayaan anggota yang  kembali memberikan amanah untuk mengelola koperasi 2 tahun kedepan.

“Berbagai upaya untuk penguatan kelembagaan akan terus dilakukan pengurus, serta melaporkan berbagai pencapaian yang berhasil secara rutin,” ungkapnya.

Sementara Yusran berpesan, para pengurus koperasi selalu menaati segala aturan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga koperasi, agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

“Apalagi saat ini banyak pengurus Koperasi yang berurusan dengan hukum, karena melanggar  AD/ART dan SOP dalam menjalankan koperasi,” katanya.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.