Berita Kota

Puskeswan Target Ribuan Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

vaksinasi gratis hewan peliharaan oleh Puskeswan Bontang (Foto: Mansur)
vaksinasi gratis hewan peliharaan oleh Puskeswan Bontang (Foto: Mansur)

Bontang. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Bontang melalui pusat kesehatan hewan (Puskeswan) memberikan vaksin rabies gratis bagi hewan peliharaan masyarakat, mulai anjing, kucing dan kera.

Secara door to door, petugas vaksin mendatangi rumah warga dengan hewan peliharaan tersebut, sejak 2 April 2018 lalu.

Menurut drh Nurul Rahmah Hairani, THL Medik Veteriner Puskeswan Bontang, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, guna mencegah penularan virus rabies dari hewan peliharaan. Pihaknya pun menargetkan 2.000 vaksin 4.000 populasi anjing, kucing, dan kera yang ada di Kota Bontang.

“Kami menurunkan 3 tim, dan masing-masing didampingi satu dokter hewan,” ujarnya saat ditemui di RT 20 Kelurahan Gunung Elai.

Ditambahkannya, meski kasus rabies di Bontang tergolong nihil pada beberapa tahun belakangan, namun pemerintah tetap berkepentingan mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Selain penting menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Sebab pemberian vaksin pada hewan, juga memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan dengan rabies. Maka dari itu, ia pun mengajak seluruh pemilik hewan peliharaan yang belum sempat terjangkau, dapat melakukan vaksin rabies ke Puskeswan di Jl S Parman Gg Banjar Kelurahan Gunung Telihan Bontang Barat.

“Kami harap masyarakat dengan hewan peliharaan dan belum di vaksin rabies, dapat mendatangi kami di Puskeswan,” tambahnya.

Rabies merupakan satu dari 12 penyakit hewan yang bisa menular ke manusia, yang menyerang susunan saraf pusat. Hingga mengakibatkan kematian pada penderita dalam kurun waktu 4-6 hari, atau yang paling singkat 24 jam sejak gigitan.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top
No announcement available or all announcement expired.