Kesehatan

Puskesmas di Bontang Kekurangan Dokter

Bontang. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Bontang diketahui masih kekurangan banyak tenaga medis, khususnya dokter. Pasalnya, dari total kebutuhan 35 dokter untuk ditempatkan di 6 Puskesmas dan satu klinik PNS di Bontang, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Diskes KB) baru mampu menyediakan 21 tenaga dokter. Dalam artian Puskesmas di Bontang masih kekurangan 14 dokter.

Dijelaskan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Diskes KB Bontang Kasdi, kekurangan tenaga medis di 6 puskesmas dan 1 klinik tersebut menyebabkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga tidak optimal, terlebih jika harus menjalankan pelayanan kesehatan dalam 2 shift.

“Jika mengacu pada analisis beban kerja, tiap puskesmas butuh 5 dokter umum dan 3 dokter gigi. Sebab berdasarkan rasio, 1 dokter dituntut mampu memberi cakupan pelayanan bagi 2.500 hingga 3.000 pasien per bulan per wilayah,” papar Kasdi.

Baca Juga: Bahktiar Minta Dana Kesehatan Dimaksimalkan

Satu-satunya upaya mengatasi persoalan kekurangan SDM tersebut, dengan rekrutmen tenaga kontrak yang berstatus non pns, jika status moratorium perekrutan PNS tak dicabut pemerintah pusat. Dan perekrutan tenaga kontrak tersebut pun jelas butuh tambahan pos anggaran.

“Wacana penambahan tenaga dokter dan medis di berbagai puskesmas dan klinik sudah masuk ke BKPP (Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan), sesuai analisis beban kerja. Kami harap bisa ditindaklanjuti BKPP ke Pemerintah Pusat,” tambah Kasdi.(*)

 

Laporan: Sary | Faisal

  • 48
    Shares
Click to comment
To Top