Kesehatan

Puskesmas Bontang Lestari Akan Naik Tingkat Jadi RSUD Tipe D

Puskesmas Bontang Lestari (dok)
Puskesmas Bontang Lestari (dok)

Bontang. Guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, status Puskesmas Bontang Lestari rencananya akan naik tingkat menjadi Rumah Sakit Umum Daerah tipe D Plus. Hal itu dikemukakan Walikota Bontang Neni Moerniaeni, saat peresmian gedung baru dan program Sistem Pendaftaran Pasien Online (Sidoi) Puskemas Bontang Utara 1. Senin, 30 Juli 2018.

Menurut Walikota, hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan hidup sehat, sekaligus meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Bontang. Disamping mengurangi tingginya tingkat kunjungan pasien di RSUD Taman Husada.

Selain itu, persoalan jarak Bontang Lestari dengan RSUD juga menjadi salah satu faktor pendorong naik status puskesmas, yang terbilang jauh dan susah dijangkau bagi masyarakat untuk pelayanan medis secara intensif.

“Maka dengan ditingkatkannya status Puskesmas Bontang Lestari, pelayanan masyarakat sekitar seperti Santan, Marangkayu, dan lainnya bisa lebih maksimal,” ujar Walikota Neni.

Mengingat pelayanan puskemas kini telah 24 jam, dan juga memiliki ruang pertemuan. Diharapkan Walikota realisasi peningkatan status Puskesmas Bontang Lestari menjadi RSUD tipe D bisa terwujud tahun 2019 mendatang. (*)

 

Laporan: Yuli | Nasrul

Click to comment
To Top