Berita Kota

Pupuk Kaltim Turunkan 500 Terumbu Buatan di Tobok Batang

proses penurunan terumbu buatan oleh para nelayan mitra binaan pupuk kaltim (foto: humas pupuk kaltim)

Bontang. Sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kelangangsungan hidup biota laut, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk kaltim) kembali melakukan penurunan 500 terumbu buatan di Perairan Tobok Batang, pada Kamis (28/11/2019).

Pelestarian lingkungan bawah laut tersebut merupakan salah satu komitmen Pupuk Kaltim yang memberdayakan mitra binaan dalam program Social Responsibility (CSR). Pada penurunan terumbu tersebut terdapat 2 mitra binaan yang dilibatkan dalam program CSR tersebut, yakni nelayan pembuat terumbu buatan dari Loktuan dan nelayan yang menurunkan terumbu buatan serta menyusunnya di dasar laut dari Bontang Kuala .

Usai dilakukan penurunan terumbu buatan, Superintendent Departemen Bina Wilayah CSR Pupuk Kaltim Agus Hermanto, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pupuk Kaltim terhadap lingkungan laut.

“Program Penanaman Terumbu Buatan yang sudah berlangsung selama 10 tahun ini juga sebagai upaya mengembalikan fungsi laut yang sebenarnya, karena banyak nelayan yang menangkap ikan dengan cara tidak ramah lingkungan,” ungkapnya.

Agus menambahkan, hingga tahun 2019, Pupuk Kaltim sudah menurunkan sebanyak 5.300 terumbu buatan di area kurang lebih 5 hektar dan terdapat 2 jenis terumbu buatan yang telah diproduksi oleh Pupuk Kaltim, yakni terumbu dengan bentuk kubus dan terumbu fish dome atau kubah.

Diharapkan ke depannya, terumbu yang telah diturunkan tersebut dapat dijaga bersama-sama. Baik oleh perusahaan, masyarakat, serta nelayan lokal dan nelayan dari luar Bontang.

Laporan: Faisal

Click to comment
To Top