Berita Kota

Pupuk Kaltim Tingkatkan Potensi Kelompok Nelayan Binaannya

para peserta kunjungan medengarkan pemateri yang sedang memberikan informasi terkait pengetahuan seputar budidaya ikan dan udang (foto: aris/pktv)

Bontang. Setelah di berikan materi terkait bagaimana menciptakan masyarakat yang mandiri dan berkelanjutan, khususnya dalam hal pengembangan budi daya ikan. Puluhan kelompok nelayan binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) diajak berkunjung ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan Pantai Dinas Perikanan, Kelautan, dan Pertanian Bontang yang berada di Jalan Pelabuhan 3, RT 14 Tanjung Laut Indah, pada Kamis (27/2/2020).

Selain untuk melihat langsung bagaimana cara dan proses budi daya ikan yang baik dan benar, kunjungan lapangan puluhan kelompok nelayan tersebut juga bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mereka seputar bagaimana meningkatkan kapasitas SDM nelayan dan dukungan akses pasar yang dibimbing langsung oleh UPT Balai Benih Ikan Dinas Perikanan, Kelautan, dan Pertanian Bontang.

PARA PESERTA KUNJUNGAN PADA SAAT DIAJAK BERKELILING UPT UNTUK MELIHAT FASILITAS YANG ADA DI SANA (FOTO: ARIS/PKTV)

Staf CSR Pupuk Kaltim Irma Safni dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para kelompok nelayan binaan pupuk kaltim itu sendiri.

“Kami mengharapkan peserta yang ikut serta dalam kunjungan ini dapat mandiri sebagaimana dengan program CSR dan CSV Pupuk Kaltim yakni mencoba menggali potensi dan inovasi untuk memperluas dan memperkuat pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Adapun untuk diketahui, dalam kunjungan lapangan ini, secara garis besar mereka diberikan pengetahuan seputar budidaya bibit udang vaname, budidaya ikan kerapu pada keramba jaring apung maupun keramba jaring tancap dan produksi garam rakyat system tunnel.

Laporan: Aris

 

Click to comment
To Top