Berita Kota

Pupuk Kaltim Tingkatkan Kompetensi Pelaku Koperasi Dengan Pelatihan Kelembagaan

peserta abadikan momen bersama manajemen pupuk kaltim dan tim instruktur beserta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bontang (foto: mansyur/pktv)

Bontang. Guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pengurus dan pengelola koperasi, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk kaltim) menggelar pelatihan kelembagaan koperasi bagi koperasi mitra binaan corporate social responsibility (CSR) pupuk kaltim.

Kegiatan digelar selama 2 hari, dari tanggal 14 hingga 15 Agustus tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan pengurus serta pengelola koperasi. Sehingga nantinya mereka dapat mengelola koperasi dari segi kelembagaan, SDM, usaha, dan jaringan koperasi.

Serta memperkuat peran koperasi sebagai salah satu faktor pembangunan di daerah. Disamping itu, diharapkan dengan pelatihan tersebut maka pengurus dan pengelola koperasi dapat mengantisipasi perubahan lingkungan di era digital yang sangat cepat dan pesat.

Dikatakan PLT Superintendent CSR Bina Wilayah Pupuk Kaltim Agus Hermanto, Pelatihan tersebut merupakan upaya Pupuk Kaltim dalam melakukan penguatan kelembagaan binaan CSR, khususnya binaan yang telah berbentuk koperasi. Dengan tujuan untuk mendorong binaan agar lebih mandiri secara kelembagaan, sehingga kedepannya dapat menjalankan bisnis sebagai koperasi yang efektif dan efisien sesuai dengan kaidah koperasi dengan benar.

“Saya harap peserta dapat memahami bisnis plan koperasi, menyusun laporan keuangan sesuai standar koperasi, serta mampu menyusun SOP sesuai dengan kebutuhannya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bontang Asdar Ibrahim, mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pupuk Kaltim karena terus menjembatani masyarakat Bontang dengan melakukan terobosan-terobosan inovasi terkait dengan pemberdayaan masyarakat di bidang perekonomian.

“Dengan terobosan-terobosan yang dilakukan Pupuk Kaltim dalam pemberdayaan masyarakat, pendapatan masyarakat di sektor usaha melalui koperasi dapat terus bertambah,” ungkapnya

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh Koperasi Mekarsari Guntung Sejahtera dan Koperasi Bontang ETA Maritim tersebut, mendatangkan instruktur dari Lembaga Pendidikan Koperasi Samarinda.

Laporan: Ervi | Mansyur

Click to comment
To Top