Berita Kota

Pupuk Kaltim Latih KSM Manfaatkan Sampah Jadi Ladang Bisnis

perwakilan pupuk kaltim, para peserta, dan instruktur pelatihan mengabadikan moment di penghujung kegiatan (foto: mansyur/pktv)

Bontang. Berbagai upaya telah dilakukan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) dalam menjaga lingkungan di kota Bontang, salah satunya yakni dengan menggelar pelatihan pemilahan dan pemanfaatan sampah bagi Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang tergabung dalam Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bessai Berinta.

Permasalahan sampah yang terus menjadi perbincangan di kota Bontang, terutama sampah plastic, membuat Pupuk Kaltim gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat membedakan sampah yang dapat terurai dan tidak dapat terurai.

Dengan Bbrdasarkan hal tersebut, Pupuk Kaltim mengadakan pelatihan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat agar dapat melakukan pemilahan, pengelolaan, dan pemanfaatan sampah yang ada di TPST Bessai Berinta agar kota Bontang terbebas dari polusi sampah.

PLT Suprintendent Bina Wikayah Departemen CSR Pupuk Kaltim Agus Hermanto dalam sambutannya pada kegiatan pelatihan terserbut, mengatakan bahwa pelatihan tersebut sebagai upaya mendorong KSM-KSM yang ada di kota Bontang secara mandiri dan berkelanjutan, agar dapat lebih memahami dalam hal mengelola sampah terpadu.

“Selain itu, dengan diberikannya bekal dalam kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat memanfaatkan sampah plastik sebagai barang-barang bernilai jual, sehingga dapat menambah penghasilan bagi keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Bontang Topan, mengucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang selalu melakukan upaya-upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, serta mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Bontang menjadi Green City.

“Dengan mendatangkan instruktur yang sudah berpengalaman, diharapkan peserta mampu menyerap ilmu yang diberikan, dan dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Selain melakukan sosialisasi dan pelatihan, Pupuk Kaltim juga melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk melakukan inovasi dalam pengelolaan limbah sampah yang ada di TPST Bessai Berinta.

Laporan: Ervi | Mansyur

Click to comment
To Top