Corporate

Pupuk Kaltim Gelar Sosialisasi Pembuatan Kompos Bagi Warga Guntung

Pupuk Kaltim gelar sosialisasi pembuatan kompos cair dan padat bagi ratusan warga Kelurahan Guntung (Foto: Humas PKT)
Pupuk Kaltim gelar sosialisasi pembuatan kompos cair dan padat bagi ratusan warga Kelurahan Guntung (Foto: Humas PKT)

Bontang. Sampai saat ini, permasalahan sampah masih menjadi prioritas utama diseluruh wilayah khususnya Bontang. Jika sampah tidak dikelola secara sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan, akan dapat memberikan dampak negatif yang sangat signifikan terhadap kesehatan hingga lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat.

Termasuk pencemaran udara yang merusak lapisan ozon sehingga menimbulkan permasalah global.

Menyadari hal tersebut Pupuk Kaltim bekerjasama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mekarsari menggelar sosialisasi pembuatan kompos cair dan padat, bagi warga di Kelurahan Guntung. Kamis, 6 September 2018.

Dikatakan Superintendent Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen CSR Pupuk Kaltim Udiyanto, kegiatan ini merupakan agenda perusahaan dalam rangka mensosialisasikan pemilahan dan pengolahan limbah menjadi kompos, sehingga limbah yang sebelumnya menjadi permasalahan dapat menjadi pendapatan masyarakat.

“Kami berharap dengan kegiatan ini masyarakat dapat lebih peduli kepada lingkungan dan mampu meningkatkan pendapatan dari pengolahan kompos,” ujar Udiyanto.

Sementara Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Guntung Raden Irawan, memberikan apresiasi kegiatan ini. Ia berharap para ibu rumah tangga yang menjadi peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini, untuk menambah pengetahuan dan sekaligus membantu suami menambah pendapatan ekonomi keluarga.

“Jangan terus mengandalkan suami untuk menafkahi rumah tangga, tapi dengan keterampilan pengolahan kompos, ibu rumah tangga bisa ikut menambah pendapatan keluarga,” harapnya.

Sosialiasai pembuatan kompos cair dan padat dikuti 180 peserta dari 18 RT di Kelurahan Guntung, bertempat di halaman Kube Mekarsari RT 7. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 6 hingga 8 September 2018. Dengan instruktur anggota Kube Mekarsari, yang juga binaan Pupuk Kaltim.(*)

 

Laporan: Mansur

Click to comment
To Top